Connect with us

Liga Spanyol

Marco Verratti: Paris Saint-Germain Tidak Lebih Kuat Dari Barcelona

Dalam kolom eksklusif terbarunya untuk Goal, bintang PSG ini menegaskan klubnya tak boleh berleha-leha di Camp Nou meski membawa keunggulan agregat empat gol.


EKSKLUSIF   MARCO VERRATTI     PENYUSUN   DEDE SUGITA     


Dear fans, dear fans sepakbola,

Pada malam jelang salah satu pertandingan terpenting yang pernah saya mainkan dengan Paris Saint-Germain, sekali lagi saya ingin berbicara kepada kalian. Dalam sepakbola modern semuanya terjadi sangat cepat. Hanya sedikit sekali orang yang menaruh keyakinan pada kami sebelum leg pertama melawan Barcelona dan, pascakemenangan kami, mereka semua sekarang memandang kami adalah favorit juara Liga Champions. Sejak awal kami tahu kami memiliki kans menghadapi Barca, bahwa kami mampu menciptakan masalah untuk mereka, tetapi kami tahu kami harus menampilkan sebuah performa sempurna. Sulit untuk membayangkan satu pertandingan seperti yang telah kami lakoni.

Kami sangat siap untuk menjalani pertemuan kedua, sebagaimana kami sebelumnya siap menghadapi leg pertama. Jelas bahwa semua yang telah kami persiapkan menjelang leg pertama membuahkan hasil dalam 90 menit tersebut. Namun, itu tidak lantas membuat kami berpikir sekarang kami lebih baik ketimbang Barca. Itu akan menjadi hal terburuk untuk dilakukan. Montpellier mengalahkan kami 3-0 pada Desember, dan mereka tidak lebih baik dari kami. Jujur, saya pikir kami harus menunjukkan banyak respek untuk Barcelona. Mereka telah mengukir sejarah di sepakbola, mereka memiliki pemain-pemain terbaik di dunia… Kami memiliki peluang bagus untuk mengeliminasi mereka, tetapi misi ini masih jauh dari selesai. Ini membutuhkan performa luar biasa di Camp Nou. Yang utama, kami harus hati-hati untuk menghindari sikap jemawa. Leg pertama merupakan contoh, yang memberikan kami kepercayaan diri dan membuktikan bahwa kami mampu melakukan itu. Sekarang kami harus memulai lagi dari nol.

Jangan menyalahartikan komentar saya ini seperti sebelum laga pertama. Tidak, saya tidak mengimpikan bermain untuk Barcelona. Setelah laga menghadapi Bordeaux, seorang jurnalis Spanyol bertanya kepada saya tentang Barca, dan saya cuma jelaskan bahwa merupakan sebuah kehormatan klub seperti Barcelona, Real Madrid, atau Bayern Munich menunjukkan ketertarikan terhadap saya. Ini adalah tim-tim yang hanya merekrut pemain-pemain besar, jadi memuaskan untuk mengetahui diri Anda dihubung-hubungkan dengan mereka. Saya merasa sangat senang di Paris dan saya memiliki respek luar biasa untuk klub. Kami mungkin belum berada di level Barca, Madrid, atau Bayern, tapi kami bisa segera sampai ke sana.

Verratti GFX

Proyek kami dimulai lima tahun silam. Apa maknanya dalam skala sepakbola? Tak ada. Masih banyak hal yang mesti kami lakukan untuk mendaki ke level yang sedemikian tinggi. Saya merasa terhormat menjadi bagian proyek ini. Kita banyak berbicara tentang diri saya, tetapi saya bukanlah bintang sepakbola. Banyak pemain yang sudah memenangi titel-titel yang tak saya miliki. Di PSG Angel Di Maria menjadi salah satu contohnya. Ia telah menjuarai Liga Champions dengan Real Madrid dan merupakan salah satu pemain terbaik di klub.

Memang benar bahwa saya telah tumbuh dalam beberapa waktu terakhir. Ketika Anda bermain untuk Paris Saint-Germain, dengan ambisi menjuarai Liga Champions, Anda mendewasa. Datang ke sini adalah pilihan sangat bagus dalam karier saya. Saya belum melakukan hal eksepisonal, tetapi saya merasa berada di jalur yang tepat. Sepakbola internasional juga penting karena selaiu lebi sulit untuk meraih sukses bersama tim nasional. Target besar saya adalah bermain di Piala Dunia di Rusia tahun depan. Saya merasa pelatih [Unai Emery] meningkatkan kepercayaan diri saya, demikian pula rekan-rekan setim saya. Saat saya berbicara dengan pemain-pemain lain, saya bisa melihat dalam diri mereka. Saya bukan lagi Marco Verratti muda. Saya mengemban tanggung jawab dan saya senang melakukannya, karena saya harus melakukan itu kalau ingin terus tumbuh.

Itulah kenapa saya akan memperingatkan rekan-rekan setim saya untuk leg kedua ini. Awal pertandingan akan sangat sulit bagi kami, dengan 30 menit pembuka akan fundamental untuk kans kami. Saya rasa Barcelona akan menyerang dari segala penjuru. Kalau semua pemain Barcelona bermain di level persen, kami harus berjuang keras. Bagi mereka, mencetak empat gol di kandang seakan menjadi hal normal. Tetapi mereka akan meninggalkan ruang-ruang, dan saat itulah kami harus memanfaatkan situasi. Kami juga harus mengingat laga-laga di mana kami kalah di sana. Laga-laga tersebut bukan memori baik untuk kami, tetapi membantu membuat kami tumbuh. Pada awalnya, kami sedikit terkesima oleh stadion ini, oleh tim ini, oleh Liga Champions… sekarang tidak lagi, karena sekarang kami juga memiliki pengalaman.

More in Liga Spanyol