Hasil Pertandingan Zenit St Petersburg vs Bayer Leverkusen Leg ke 2 – Liga Champions

Bayer Leverkusen memuncaki klasemen Grup C setelah menumbangkan Zenit St Petersburg dengan skor 2-1 di Petrovski Stadium, Rabu (5/11) dinihari WIB.

Dengan tambahan tiga angka usai kemenangan tersebut, Leverkusen meraih sembilan poin, unggul empat angka dari rival terdekat mereka, AS Monaco, yang masih harus menghadapi Benfica.

Kans Leverkusen melenggang ke babak berikutnya juga terbuka lebar. Setidaknya satu hasil imbang di laga berikutnya bisa membawa wakil Bundesliga Jerman itu lolos ke 16 besar.

Sementara bagi Zenit, kans lolos ke fase gugur pertama masih terbuka asal bisa memetik dua kemenangan di dua laga tersisa. Saat ini Zenit mengantungi empat angka dari sempat laga.

Babak I

Kedua tim memulai laga dengan tempo tinggi. Baik Zenit mau pun Leverkusen sama-sama bermain terbuka dan berusaha unggul cepat.

Di menit 13, tendangan bebas Hulk di nyaris saja berbuah gol. Bola hanya mampir di tiang gawang Bernd Leno dan langsung disapu keluar.

Sementara kans tim tamu diciptakan Karim Bellarabi, di mana bola sodoran Stefan Kiessling ditendangannya dan arahnya melebar.

Aleksander Kerzhakov menjadi pemain berikutnya yang mengancam gawang Leverkusen. Namun bola hasil sepakannya di menit 21 mengarah tepat ke pelukan Leno.

Kerzhakov membuang peluang lain di babak pertama, yang membuatnya mulai tertekan sendiri. Hal yang sama dilakukan tim tamu dengan kans terbaik diciptakan Kiessling melalui tendangan yang diblok Nicolas Lombaerts.

Babak II

Pergantian pemain dilakukan kedua tim untuk menambah daya gedor di paruh kedua. Zenit memang bisa menekan lebih banyak, tapi Leverkusen lebih efektif dalam memaksimalkan peluang.

Son Heung-min yang berhasil membuka keunggulan sekaligus memecah kebuntuan Leverkusen dalam urusan mencetak gol dengan tendangan melengkungnya di menit 68, setelah sebelumnya terjadi kerja sama apik antara Bellarabi dan Hakan Calhanoglu.

Empat menit kemudian, giliran kerja sama apik Kiessling dan Lars Bender yang mengawali terciptanya gol kedua Son, yang melesakkan bola dengan sontekannya.

Zenit berusaha membalas dengan terus menekan pertahanan Leverkusen, yang bermain lebih tenang setelah Son mencetak gol keduanya. Zenit menuai hasil dari usaha mereka.

Jose Rondon menjadi pencetak gol buat Zenit dengan tendangannya jelang laga berakhir, yang terbukti golnya tak banyak membantu mengubah hasil di papan klasemen Grup C.

Susunan pemain:
Zenit (4-2-3-1): Lodygin; Anyukov, Garay, Lombaerts, Criscito; Javi Garcia, Witsel; Hulk, Danny, Shatov; Kerzhakov.

Leverkusen (4-2-3-1): Leno; Donati, Toprak, Spahic, Jedvaj; Bender, Calhanoglu; Bellarabi, Brandt, Son; Kiessling.