Hasil Pertandingan Fiorentina vs Napoli – Serie A

Napoli sukses memecundangi Fiorentina di Artemio Franchi lewat skor tipis 1-0, dalam lanjutan Seriei A Italia giornata 11, Senin (10/11) dini hari WIB.

Meski didominasi oleh permainan kolektif tuan rumah, Napoli bermain lebih efektif dan sanggup mencuri gol berkat torehan semata wayang Gonzalo Higuain, pada menit ke-61.

Babak Pertama

Pelatih Fiorentina, Vicenzo Montella, menerapkan formasi 4-3-1-2 dengan komposisi pemain yang sedikit berbeda dari kebiasaan. Sorotan terdapat di lini depan, bagaiamana Khouma Babacar diduetkan dengan pemain yang notabene berposisi sebagai winger, Juan Cuadrado.

Sementara Napoli tetap mempertahakan kompossi terbaiknya dalam skema 4-2-3-1, dengan menggantungkan harapan besar pada kegemilangan Gonzalo Higuain.

Sepakan mula dilakukan dan dominasi permainan berada di pihak tuan rumah. Trio gelandang Alberto Aquilani, David Pizzaro, dan Matias Fernandez jadi aktor utama dominasi Fiorentina atas Napoli. Sayangnya amat sedikit peluang yang mampu mereka hasilkan.

Berbanding terbalik dengan Napoli, meski kalah dalam hal penguasaan bola, tim asuhan Rafael Benitez ini memiliki peluang lebih banyak. Lima kans emas setidaknya mampu dihasilkan. Salah satunya adalah sepakan keras Higuain yang masih tipis melenceng di sisi gawang Neto, pada menit ke-26.

Saat asyik menyerang, musibah datang di menit ke-27, manakala winger andalan, Lorenzo Insigne, harus terkapar cedera dan digantikan oleh Dries Mertens. Sejak saat itu, serangan Napoli jadi kurang menggigit.

Pada akhirnya tak ada gol yang dapat dihasilkan di paruh pertama ini.

Babak Kedua

Paruh penentuan dimulai, namun situasi yang tak jauh beda dengan yang terjadi di babak pertama jadi paparan. Fiorentina lebih mendominasi, tapi Napoli-lah yang memiliki kans mencetak gol lebih banyak.

Berulang kali percobaan Jose Callejon dan Higuain, harus gagal karena akurasi tembakan yang tak presisi. Situasi bola mati yang beberapa kali mendapat tempat strategis juga gagal dimaksimalkan sang algojo Il Partenopei, Gokhan Inler.

Setelah melalui usaha ekstra keras, gol yang ditunggu-tunggu Raul Albiol cs akhirnya datang juga tepat di menit ke-62. Berawal dari situasi sepak pojok yang dieksekusi Callejon, kemelut di depan gawang La Viola mampu dimaksimalkan Higuain menjadi gol. Kedudukan pun berubah 1-0 untuk Napoli.

Tertinggal di depan publiknya sendiri, Fiorentina lantas bereaksi. Pemain bertipe menyerang macam Mario Gomez dan Manuel Pasqual kemudian dimasukkan untuk mendambah daya sengat.

Sayang, hasil yang diharapkan tak kunjung didapat. Napoli pun keluar dari Artemio Franchi dengan bekal tiga poin berkat kemenangan tipis 1-0 tersebut.

Susunan Pemain

Fiorentina: Neto; Tomovic, Gonzalo, Savic, Alonso; Aquilani, Pizzaro, Fernandez; Borja, Cuadrado, Babacar

Napoli: Rafael; Maggio, Koulibaly, Albiol, Ghoulam; Lopez, Inler; Callejon, Hamsik, Insigne; Higuain