Hasil Pertandingan Filipina vs Laos – AFF Cup 2014

Gong pembuka Piala AFF 2014 dibunyikan lewat laga Filipina kontra Laos di Stadion My Dinh Nasional, Sabtu (22/11) petang. Pada partai perdana Grup A ini, Filipina mampu mengemas tiga poin pertama di dalam turnamen dengan menumbangkan Laos yang didominasi oleh tim muda.

Pada laga ini, Laos asahan pelatih David Booth mampu mencuri gol lebih dahulu dan sempat membuat Filipina frustrasi. Namun anak asuh Thomas Dooley secara gigih mampu melancarkan serangan yang konstan sehingga keluar sebagai pemenang.

Babak Pertama

Filipina mampu menguasai pertandingan sejak peluit dibunyikan, beberapa peluang pun mampu diciptakan tim arahan Thomas Dooley ke gawang Laos. Namun, usaha dari Mark Hartmann dan Phil Younghusband di menit-menit awal. Sayangnya, dari peluang tersebut tak ada yang berbuah gol.

Unggul penguasaan bola dan mampu mendominasi laga bukan jaminan bagi Azkals mampu mencetak gol. Laos malah mampu mengejutkan dengan memanfaatkan peluang yang mereka dapat lewat tendangan bebas. Adalah Khampheng Sayavutth yang dengan mulus menjaringkan bola ke gawang Patrick Deyto untuk membawa timnya ungguli Filipina 1-0 di menit ke-21.

Menit ke 31′, Filipina memiliki kans untuk menyamakan skor usai kemelut di muka gawang laos, bola sepakan Jerry Lucena memperdaya Soukthavy, akan tetapi Ketsada bergerak cepat menghalau bola tepat di garis gawang. Laos pun selamat.

Lima menit jelang babak pertama usai, Filipina yang konsisten menyerang memperoleh momentum untuk menyamakan kedudukan berkat tandukan Simone Rota yang meneruskan sepak pojok Manny Ott. Azkals pun mulai memperlihatkan hal positif sebagaimana mereka mampu memecah kebuntuan di menit 40′.

Pertahaban Laos yang mulaI mengendur kembali dieksploitasi Filipina, kali ini bergerak dari sisi kiri, Lucena mengirimkan umpan matang yang dieksekusi tandukan Phil di akhir babak (45+1′) dan mampu membuat Filipina unggul 2-1 hingga turun minum.

Babak Kedua

Situasi masih sulit untuk Laos ketika babak kedua dimulai, Filipina konsisten menguasai lapangan di segala sisi. Sedangkan Laos asahan pelatih David Booth hanya mampu memanfaatkan pentrasi serangan balik lewat kedua sisi sayap mereka yang cepat, Khonesavanh Sihavong di kanan dan Vilayout Sayyabounsou.

Filipina yang tak mau kecolongan kali kedua tampak merapatkan pertahanan dan membangun organisasi serangan yang lebih rapih. Sejumlah peluang didapat lewat Hartmann dan Misagh, namun belum maksimal.

Hingga satu jam pertandingan berjalan, kedua kesebelasan masih saling jual beli serangan. Kecerobohan Saiso di pertahanan Laos hampir berbuah petaka ketika backpass -nya nyaris diserobot Hartmann, beruntung Soukthavy sigap keluar dan mengamankan gawangnya.

Menit 64′, peluang terbaik diperoleh Laos saat Soukaphone yang menerobos sisi kanan pertahanan Filipina mengirimkan umpan silang ke tengah. Namun bola gagal disambar Khampeng yang sudsh berdiri berhadapan dengan Patrick Deyto di muka gawang.

Saling balas serangan konsisten berlangsung hingga lima belas menit akhir permainan. Masuknya Reichelt meggantikan Hartmann menit 66′ Filipina. Gelandang serang global itu bahkan mampu memperbesar keunggulan timnya di menit ke-77.

Unggul dua gol semakin membuat Filipina nyaman dalam memainkan bola dari kaki ke kaki. Menit ke-88, Azkals semakin menjauh di papan skor selepas gol Reichelt mengemas gol keduanya di laga ini. Keunggulan armada Thomas Dooley pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Susunan Pemain

Filipina : Deyto, Guirado, Rota, Aguinaldo, Sato, Steuble, Ott, Lucena, Bahadoran, P. Younghusband, Hartmann.

Cadangan : Gier, James Younghusband, Chris Greatwich, Simon Greatwich, Trigo, Dizon, Reichelt, Daniels, Villanueva.

Laos : S. Soundala, S. Phommapanya, K. Souksavanh, S. Khounsamnan, P. Phommasane, K. Sihavong, K. Lithideth, S. Vongchiengkham, V. Sayyabounsou, S. Inthilath, K. Sayavutth.

Cadangan : Khantavong, Syvilay, Sipasong, Nakata, Phonsettha, Somvang, Souliyavong, Bounmalay, Singlatsombon.