Hasil Pertandingan Ajax vs Barcelona Leg ke 2 – Liga Champions

Amsterdam ArenA menjadi panggung monolog bagi Lionel Messi. Bintang Argentina itu mencetak sepasang gol ke gawang Ajax dan membawa Barcelona menang 2-0, Kamis (6/11).

Blaugrana sekaligus mengamankan tiket ke fase gugur Liga Champions, mendampingi Paris Saint-Germain yang juga lolos dan kini memuncaki klasemen Grup F.

Babak I

Pressing ketat, tekel keras, pelanggaran, dan adu ngotot ditunjukkan oleh kedua tim di awal pertandingan. Dua kartu kuning dalam 10 menit pertama turut mendeskripsikan betapa kerasnya laga di Amsterdam ArenA.

Neymar sempat menghunjamkan bola ke sudut gawang Jasper Cilessen. Memanfaatkan umpan silang Jordi Alba, sang penyerang dengan tenang menempatkan bola ke gawang Ajax, tapi gol dianulir. Ternyata, ia sudah berada dalam posisi offside terlebih dahulu.

Penguasaan bola kedua klub tampak berimbang, tapi pergerakan Anwar El Ghazi dan Lucas Andersen cukup menyedot perhatian. Kedua gelandang Ajax ini mendistribusikan bola dengan cermat dan melahirkan peluang demi peluang bagi Ajax. Satu yang terbaik adalah kerjasama mereka yang disusul oleh umpan satu-dua dan sepakan Davy Klassen, tapi bola mampu dihalau oleh Marc Andre ter Stegen.

Barcelona juga turut menciptakan peluang. Kali ini Messi jadi arsitek yang membuka ruang sekaligus menyodorkan umpan akurat pada Jordi Alba. Bek Spanyol ini tinggal berhadapan dengan satu lawan satu dengan Cilessen, namun kesigapan sang kiper mampu mementahkan peluang emas Alba.

Kebuntuan terpecah tak lama kemudian. Cilessen kembali melakukan penyelamatan gemilang dari sepakan bebas Messi, tapi keputusan sang kiper untuk meninggalkan gawang sepertinya terlalu gegabah. Cilessen mengejar bola, tapi ternyata Marc Bartra lebih dulu menguasainya dan melambungkan ke tengah kotak. Messi dengan mudah menanduk gawang yang tak dijaga.

Laga berlanjut dengan dominasi Barca, mental Ajax tampak terpukul. Namun, Blaugrana belum mampu menggandakan keunggulan mereka hingga turun minum.

Babak II

Tempo menurun drastis di paruh kedua. Kedua tim melakukan distribusi bola seperti formalitas, belum ada umpan pembunuh hingga laga memasuki menit kesepuluh di babak kedua.

Jelang menit 60, Messi kembali mengancam pertahanan Cilessen. Ia melakukan satu-dua sentuhan dan memberikan terobosan cantik pada Suarez. Eks penyerang Ajax ini menembak, tapi Cilessen mampu menepisnya. Messi menyambut bola rebound yang sayangnya masih mengarah ke atas mistar.

Mimpi buruk Ajax menjadi genap di menit 71. Joel Veltman menerima kartu kuning kedua setelah menutup jalur lari Messi tak jauh dari kotak penalti. Sang bintang Argentina terjatuh karena pelanggaran itu, tak heran kalau wasit langsung menghadiahi perintah keluar lapangan.

Melawan 10 pemain, Barcelona semakin menjadi. Pesona Ajax di paruh pertama sudah sirna sepenuhnya seiring Messi mencetak gol keduanya dalam laga ini. Ia melakukan umpan satu-dua dengan Pedro Rodriguez, lalu dengan mudah menaklukkan Cilessen. Messi kini berada satu panggung dengan Raul Gonzalez, 71 gol di laga Liga Champions.

Kebobolan dua gol sudah cukup bagi Cilessen. Ia kembali menunjukkan performa kelas atas setelah gol kedua Messi. Ia menepis sepakan geledek Ivan Rakitic, lalu menggagalkan niat Messi untuk memecah rekor Raul.

Sayang, 10 orang pemain Ajax yang tersisa tak mampu meruntuhkan dominasi Barcelona. Keunggulan dua gol bertahan hinga bubaran.

SUSUNAN PEMAIN

Ajax : Cillessen, van Rhijn, Veltman, Moisander, Boilesen, Klaassen, Schöne, Serero, Sigthórsson, Andersen, El Ghazi

Cadangan : Boer, Riedewald, Denswil, Viergever, Zimling, Kishna, Milik.

Barcelona: Ter Stegen, Alves, Mascherano, Bartra, Alba, Busquets, Xavi, Rakitic, Luis Suárez, Messi, Neymar

Cadangan : Bravo, Piqué, Douglas, Adriano, Rafinha, Pedro, El Haddadi.