Xavi Hernandez: Cristiano Ronaldo Pemain Bersejarah Tapi Tidak Bisa Dibandingkan Dengan Lionel Messi

Mantan bintang Barcelona itu mengatakan tidak ada pemain yang bisa dibandingkan dengan Lionel Messi, termasuk Cristiano Ronaldo.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI  


Menurut Xavi Hernandez, Cristiano Ronaldo adalah pemain bersejarah tapi bintang Real Madrid itu tidak bisa dibandingkan dengan kehebatan Lionel Messi.

Ronaldo (32 tahun) dan bintang Barcelona Messi (30) merupakan dua pemain terhebat di era modern. Mereka kerap dibandingkan baik dari performa di lapangan dan pencapaiannya.

Messi memegang rekor sebagai pemain yang telah lima kali mendapatkan penghargaan Ballon d’Or tapi Ronaldo diprediksi akan menyamai prestasi tersebut akhir tahun ini.

SIMAK JUGA: Xavi Hernandez Pertanyakan Aktivitas Transfer Barcelona

Akan tetapi Xavi, mantan rekan setim Messi di Barcelona, mengatakan tidak ada pemain yang bisa dibandingkan dengan bintang asal Argentina tersebut.

“Messi adalah master baik secara kolektif maupun individual,” kata Xavi kepada Marca.

“Tapi bagi Ronaldo, untuk melakukan hal semacam kerja sama tim ia masih harus berusaha keras. Messi melakukan segalanya dengan baik.”

SIMAK JUGA: Cristiano Ronaldo Lampaui Rekor Gol Internasional Pele

“Jika seorang pelatih mengatakan, ‘kami akan bermain dengan semua pemain yang ikut membantu pertahanan’ maka Messi juga bisa melakukan yang terbaik dalam hal itu.”

“Jika Anda meminta Ronaldo untuk bermain dengan satu atau dua sentuhan saya tidak tahun apakah dia akan menjadi yang terbaik. Ronaldo adalah yang terbaik dalam melakukan tembakan, dia luar biasa dalam hal itu dan merupakan seorang pemain bersejarah.”

“Tapi dengan Messi Anda tidak bisa melakukan perbandingan. Dia adalah pemain terbaik di Barcelona dan dia juga akan menjadi yang terbaik jika bermain untuk Atletico Madrid asuhan [Diego] Simeone.”

SIMAK JUGA: Lionel Messi Tembus Rekor 350 Gol La Liga Spanyol

Lionel Messi na Xavi Hernandez

Messi dan Xavi menghabiskan 11 musim bersama di Barca dan memenangkan banyak trofi, termasuk empat gelar juara Liga Champions.

Mantan gelandang timnas Spanyol, Xavi, kini bermain di klub Qatar Al-Sadd. Ia mengatakan Messi merupakan pemain yang mampu membuat rekan setimnya menjadi lebih baik.

“Messi membuat pemain lainnya lebih baik. Semua anggota tim membuat saya lebih baik, karena saya membutuhkan semua rekan setim,” ujar gelandang berusia 37 tahun itu.

“Saya tidak bisa melakukannya sendiri, saya tidak sekuat itu dan lebih baik dalam permainan posisi, mengetahui di mana rekan setim saya berada.”