Rekor 11 Tahun Timnas Italia Musnah

Kekalahan telak 3-0 atas Spanyol, membuat rekor tak terkalahkan Italia di babak kualifikasi selama 11 tahun lamanya musnah.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Italia secara mengenaskan harus takluk lewat skor telak 3-0 dari Spanyol, pada matchday ketujuh Gurp G kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, Minggu (3/9) dini hari WIB.

Kekalahan itu jelas jadi pukulan telak buat Italia. Selain membuat kans lolos otomatis ke Piala Dunia jadi mengecil, mereka juga akhiri rekor tak terkalahkan di babak kualifikasi dalam 56 pertandingan beruntun.

SIMAK JUGA: Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa

Seperti dilansir Opta, terakhir kali Italia menderita kekalahan di babak kualifikasi turnamen akbar terjadi pada 6 September 2006 silam atau nyaris 11 tahun lalu. Kala itu Gli Azzurri takluk 3-1 di markas Prancis, pada matchday perdana kualifikasi Euro 2008.

David Villa Gianluigi Buffon Spain Italy

Sejak saat itu Italia secara luar biasa melalui 56 laga kualifikasi beruntun tanpa pernah merasakan kekalahan. Rekornya adalah 42 kali menang dan 14 kali ditahan imbang.

SIMAK JUGA: Isco Bawa Spanyol Bantai Italia

Khusus di kualifikasi Piala Dunia, Italia akhirnya telan kekalahan setelah lalui 33 pertandingan tak terkalahkan. La Nazionale menang di 23 pertandingan, dengan sisanya berakhir imbang.

Selain itu Spanyol juga jadi tim pertama yang sanggup membuat Italia tertinggal 2-0 di babak pertama partai kompetitif, setelah terakhir terjadi pada final Euro 2012 lalu.