PREVIEW Kualifikasi Piala Dunia 2018: Spanyol – Italia

Duel hidup-mati bakal berlangsung di Santiago Bernabeu, dengan pemenangnya memiliki kans yang sangat besar untuk otomatis lolos ke Piala Dunia 2018.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR       Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Duel hidup-mati bakal segera dilakoni Spanyol dan Italia di Santiago Bernabeu, pada matchday tujuh Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2018, Minggu (3/9) dini hari WIB.

Kedua tim besar tersebut memiliki kans yang setara untuk lolos ke Piala Dunia di Rusia esok. Mereka sama-sama mengoleksi 16 poin dari enam pertandingan yang sudah dilakoni. Namun Spanyol memiliki keunggulan, lewat selisih gol dan head to head sementara.

Dengan bentrok akan dilangsungkan di stadion kebanggaannya, Spanyol jelas punya beban lebih ringan dibanding Italia. Kemenangan atau hasil imbang minimal 1-1 seperti saat pertemuan pertama di J Stadium, berpotensi besar membawa La Roja menjuarai Grup F.

Patut diketahui jika hanya juara grup yang berhak lolos otomatis ke Piala Dunia. Sementara untuk tim yang berstatus runner-up wajib mengikuti babak play-off, sebelum memastikan kelolosan. Ya, Spanyol jelas di atas angin.

Skuat tim asuhan Julen Lopetegui pun sedang bagus-bagusnya. Terutama sang ujung tombak, Alvaro Morata, yang diplot menggantikan peran Diego Costa. Selain sedang dalam performa ciamik bersama Chelsea, pemain 24 tahun itu paham benar pertahanan Italia karena pernah satu klub dengan Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, dan Gianluigi Buffon, yang bakal jadi pilar lini belakang Negeri Pizza di Barnabeu nanti.

Morata Bonucci Italy Spain Euro 2016

Morata tahu caranya bongkar pertahanan Italia

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Spanyol Kontra Italia

Sementara Italia sejatinya tidak berada dalam situasi yang inferior dibanding Spanyol. Tim asuhan Giampiero Ventura juga dalam kondisi terbaik entah dalam hal komposisi pemain maupun performa. Sayangnya lubang besar justru hadir, sehari saja sebelum duel krusial ini dilangsungkan.

Bek andalan, Giorgio Chiellini, terpaksa dipulangkan ke Juventus akibat alami cedera betis dalam sesi latihan. Absennya pemain berjuluk Hulk itu membuat Italia mustahil menggunakan formasi tiga bek andalan, karena pelapisnya, Alessio Romagnoli, tak dipanggil akibat masih terkapar di meja perawatan.

Formasi 4-3-3 yang jadi andalan lawas Ventura lantas diyakini bakal diterapkan di partai ini. Sang pelatih sendiri sebelumnya menjanjikan permainan terbuka nan ofensif untuk ladeni Spanyol. “Kami akan bermain terbuka untuk meraih hasil terbaik, meski tahu lawannya adalah Spanyol,” seru sosok 69 tahun tersebut di La Gazzetta dello Sport.

Potensi terbaik Lorenzo Insigne yang sinarnya makin terang di Napoli bakal jadi andalan. Kinerjanya bisa sangat terbantu dengan keberadaan Matteo Darmian di pos bek kiri, yang performanya makin gemilang bersama Manchester United. Selain itu ada Andrea Belotti yang semakin matang sebagai pemimpin Torino.

Pertandingan akan berlangsung ketat dan terbuka, dengan Spanyol jadi tim yang lebih diunggulkan. Meski begitu Italia dengan segala kebesarannya, punya kans hadirkan kejutan dengan bawa pulang minimal satu poin.

Prakiraan Formasi:

Spanyol (4-3-3): De Gea; Azpilicueta, Ramos, Pique, Alba; Silva, Busquets, Koke; Asensio, Morata, Pedro

Italia (4-3-3):  Buffon; D’Ambrosio, Barzagli, Bonucci, Darmian; Verratti, De Rossi, Parolo; Candreva, Belotti, Insigne

Prediksi Goal Indonesia:  Spanyol 2-2 Italia