Piala AFF U-18: Timnas Indonesia Sikat Tuan Rumah Myanmar

Dua gol yang dicetak Egy Maulana membuat timnas Indonesia meraih kemenangan pada laga perdana Piala AFF U-18.


OLEH   MUHAMMAD RIDWAN


Timnas Indonesia berhasil memetik poin penuh pada laga pembuka Grup B Piala AFF U-18. Garuda Nusantara menekuk tuan tumah Myanmar dengan skor 2-1 di Stadion Thuwunna, Yangon, Selasa (5/9).

Kemenangan tersebut membuat timnas Indonesia menempati posisi kedua sementara klasemen. Mereka hanya kalah produktivitas gol dari Brunei yang juga mengumpulkan tiga poin.

Babak pertama

Sejak peluit awal dibunyikan timnas Indonesia langsung berinsiatif mengambil alih serangan. Sejumlah peluang diciptakan skuat asuhan Indra Sjafri tersebut melalui Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani dan Hanis Saghara.

Akan tetapi serangan yang dibangun timnas Indonesia selalu menemui kegagalan. Hal ini tak lepas dari kesigapan para pemain belakang Myanmar yang tampil gemilang dengan menjaga daerah pertahanannya.

Myanmar yang bermain di depan pendukungnya tidak tinggal diam. Tim berjulukan White Angels tersebut juga berusaha mengancam gawang Muhammad Riyandi. Bahkan mereka hampir saja mencetak gol melalui sepakan Pyae Sone Naing.

Terus melakukan serangan akhirnya Myanmar mampu memecah kebuntuan pada menit 28.  Myat Kaung Khant berhasil memaksimalkan umpan terukur yang diberikan Pyae Sone Naing dari dalam kotak penalti.

Setelah gol tersebut timnas Indonesia semakin gencar membombardir barisan belakang Myanmar. Namun, hingga hingga interval pertama selesai keunggulan 1-0 buat Myanmar tetap tidak berubah.

Babak kedua

Selepas turun minum timnas Indonesia tetap bermain terbuka. Pasukan Garuda Nusantara membangun serangan cepat mengandalkan sisi sayap kanan dan kiri untuk masuk ke kotak pertahanan Myanmar.

Egy hampir saja menyamakan kedudukan pada menit 54. Sayangnya, sebelum melepaskan tendangan Egy mendapatkan gangguan sehingga keseimbangannya goyah.

Usaha demi usaha yang dibangun tiimnas Indonesia membuahkan hasil. Egy mencatatkan namanya di papan skor usai mencetak gol lewat sundulan pada menit ke-72 memanfaatkan antisipasi yang kurang sempurna dari kiper Htet Wai Yan Soe.

Kedudukan imbang menambah percaya diri para pemain timnas Indonesia. Mereka semakin berani bermain dengan bola-bola pendek yang dikombinasikan umpan jauh yang menusuk ke jantung pertahanan Myanmar. 

Jelang berakhirnya timnas Indonesia sukses membalikan keadaan. Egy menjebol gawang Myanmar untuk kedua kalinya melalui aksi individual dari sisi kanan yang diakhiri sepakan bola ke tiang jauh. Skor 2-1 buat kemenangan timnas Indonesia tetap bertahan.

Berikut susunan pemain kedua tim

Indonesia U-19: Muhammad Riyandi, Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Nurhidayat Haris, Firza Andika; Muhammad Iqbal, Lutfi Baharsyah, Feby Eka Putra; Egy Maulana Vikri, Hanis Saghara, Saddil Ramdani.

Myanmar U-19: Htet Wai Yan Soe, Thet Paing Htwe, Si Thu Moe, Soe Moe Kyaw; Myat Kaung Khant, Lwin Moe Aung, Eant Maw Oo; Hein Htet Aung, Win Naing Tun, Pyae Sone Naing.

Clear - Full-Time - Indonesia - Myanmar