Pelatih Timnas Fiji Ungkap Taktik Untuk Melawan Indonesia

Gamel pun mengakui sudah mengetahui gambaran permainan timnas Indonesia di bawah Luis Milla.


OLEH   MUHAMAD RAIS ADNAN


Tim nasional (timnas) Fiji menegaskan kesiapan mereka untuk beruji coba melawan timnas Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/9). Fiji pun telah berlatih di Bekasi sejak, Rabu (30/8) petang.

Pelatih timnas Fiji Christophe Gamel mengungkapkan dirinya sudah mengetahui garis besar permainan tim Garuda yang dilatih Luis Milla Aspas. Dia juga memberikan bocoran terkait taktik apa yang bakal diterapkannya pada pertandingan melawan Indonesia nanti.

“Kami melakukan latihan keeping ball possesion, beberapa pergerakan taktikal dengan memanfaatkan sisi-sisi lebar lapangan, karena yang saya ketahui bahwa tim Anda sangat kuat di tengah,” beber Gamel, seperti dikutip laman resmi PSSI. 

SIMAK JUGA: Dua Pemain Ke Timnas, Madura United Panggil Tanjung

“Saya memilih Indonesia sebagai lawan karena mengetahui bahwa tim ini sangat bagus. Pelatih negara Anda (Luis Milla) juga sangat bagus. Dia suka memainkan possesion football dan sangat mengandalkan taktik penguasaan bola serta skill individu pemain,” tambahnya.

SIMAK JUGA: Fadil Sausu Tak Kecewa Batal Bela Timnas

Menurut pelatih asal Prancis itu, Indonesia akan sangat berbahaya dan agresif jika mendapatkan bola, dan akan melakukan tekanan yang kemudian melepaskan umpan langsung ke jantung pertahanan lawan.

“Namun saya tidak bisa mendapatkan informasi yang lebih spesifik bagaimana mereka bermain secara tim. Karena setiap pertandingan pasti pelatih punya taktik yang berubah-ubah,” jelasnya. 

Dia pun berharap, dalam uji coba ini bisa semakin mengasah mental bertanding para pemainnya. “Saya mengubah komposisi pemain yang dibawa ke sini, banyak pemain muda mengisi skuat saat ini. Jadi saya akan sangat senang untuk bisa melihat para pemain muda kami menjawab permainan sulit dari Indonesia,” katanya.

“Tentu saya ingin para pemain saya bisa belajar bagaimana mengatasi tekanan yang datang dari suporter tim Anda. Apalagi saat ini kami datang sebagai tamu,” pungkasnya.