Gareth Southgate Terima Keputusan Ben Woodburn Pilih Timnas Wales

Manajer timnas Inggris itu mengatakan tidak bisa memberikan “jalur cepat” kepada sang talenta muda yang bermain untuk Liverpool tersebut.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI 


Manajer timnas Inggris Gareth Southgate mengakui hanya ada sedikit peluang baginya untuk mempengaruhi keputusan Ben Woodburn dalam memilih timnas setelah remaja kelahiran Chesire itu sukses mencetak gol pada laga debutnya untuk Wales.

Tendangan Woodburn membawa Wales meraih kemenangan 1-0 atas Austria pada Sabtu (2/9), gol sang pemain pengganti itu membuat timnya masih punya peluang untuk lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan.

SIMAK JUGA: Ben Woodburn Girang Cetak Gol Debut Untuk Wales

Ben Woodburn Wales Austria 02092017

Penyerang berusia 17 tahun itu telah didekati oleh timnas Inggris di level junior sebelum mengonfirmasi berkomitmen membela timnas Wales – negara tempat kelahiran kakeknya dari pihak ibu.

Southgate mengharapkan yang terbaik bagi masa depan Woodburn dan menegaskan memberikan pemain kesempatan tampil dengan tujuan mengunci kesetiaan mereka bukan hal yang diutamakan oleh tim nasional. 

“Kami memiliki banyak pemain muda yang punya dua kewarganegaraan dan kini semakin sulit untuk memantau mereka semua. Anda tidak bisa memilih mereka semua di usia muda,” ujar Southgate jelang laga kontra Slowakia pada Senin (4/9), seperti dikutip dari Goal Internasional.

SIMAK JUGA: Harry Kane Ingin Samai Lionel Messi Dan Cristiano Ronaldo

Gareth Southgate England Germany 22032017

“[Woodburn] adalah salah satu yang berlatih bersama kami di level junior, tapi beberapa negara lain bisa memberikan jalur cepat bagi mereka [untuk tampil di tim senior] dan tentu itu menarik bagi beberapa pemain muda.

“Beberapa dari mereka juga merasa hatinya berada di negara lain, jadi itu keputusan pribadi dan kami mengharapkan yang terbaik baginya.”