Alvaro Morata: Gianluigi Buffon Adalah Alien & Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Penyerang timnas Spanyol itu memuji mantan rekan setimnya tersebut dengan menyebutnya sebagai makhluk luar angkasa.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI 


Menurut penyerang timnas Spanyol Alvaro Morata, Gianluigi Buffon adalah seorang alien dan merupakan salah satu kiper terbaik sepanjang masa.

Morata akan berhadapan dengan mantan rekan setimnya di Juventus itu pada Sabtu (2/9), saat Spanyol menjamu Italia di kualifikasi Piala Dunia.

Buffon, Morata, Bonucci - Juventus-Real Madrid

Penyerang Chelsea itu menjadi rekan setim Buffon saat dua musim membela Juve. Ia mengatakan kiper berusia 39 tahun itu dan mantan kapten timnas Spanyol Iker Casillas adalah kiper terbaik sepanjang masa.

“Dia adalah alien,” ujar Morata kepada El Pais.

SIMAK JUGA: Juara Liga Champions, Gianluigi Buffon Batal Pensiun

“Dia dan Casillas menurut saya merupakan dua kiper terbaik sepanjang sejarah. Sulit untuk mengulang pencapaian dua orang itu.”

“Bahkan setelah mereka tidak lagi memiliki kekuatan atau kelincahan seperti sebelumnya, mereka mampu mengalahkan Anda dalam situasi satu lawan satu.”

Casillas, Buffon

“Buffon selalu mengantisipasi. Setelah lebih dari 20 tahun menjadi seorang profesional, dia memahami pergerakan dan pikiran para penyerang.”

Mantan rekan setim lainnya yang Morata puji adalah Giorgio Chiellini, bek tengah andalan Juve, yang akan absen membela Italia di laga kontra Spanyol dan Israel karena cedera.

SIMAK JUGA – Gianluigi Buffon: Teknologi VAR Merusak Sepakbola

Morata menggambarkan betapa sulitnya untuk melewati bek berusia 33 tahun itu.

“Itu seperti berada dalam kandang bersama gorila dan Anda harus mencuri makanannya,” kata Morata.

“Saya pikir sangat jarang saya bisa mencetak gol saat menghadapinya di kotak penalti. Sulit untuk memenangkan duel satu lawan satu dengan Chiellini, atau saat dia menjaga Anda,” ungkap penyerang berusia 24 tahun itu.