Tiongkok Kirim Tim U-20 Ikuti Kompetisi Kasta Keempat Jerman

Hanya saja, partisipasi pasukan muda Tiongkok tersebut mendapat reaksi negatif dari beberapa kalangan di Jerman.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Federasi Sepakbola Tiongkok (CFA) resmi mengumumkan bahwa tim nasional U-20 mereka akan ikut dalam kompetisi kasta keempat Jerman.

Hal tersebut diungkapkan oleh wakil presiden CFA, Zhang Jian, Rabu (16/8) di Beijing, dengan mengonfirmasi pasukan muda Negeri Tirai Bambu akan mengikuti Divisi Barat Daya, salah satu dari lima divisi regional dalam kasta keempat piramida kompetisi Jerman.

Selama paruh kedua musim 2017/18, skuat Tiongkok U-20 akan bermain tandang melawan semua tim di divisi tersebut, hanya saja, setiap hasil yang didapat tak akan dihitung masuk resmi ke dalam klasemen liga.

Penyerang Tiongkok Ini Berambisi Cetak Banyak Gol Di Bundesliga

Program ini merupakan buah dari kesepakatan antara CFA dan federasi Jerman (DFB) pada 2016 lalu dalam rangka membantu percepatan dalam pengembangan sepakbola di Tiongkok.

Sayangnya, kabar ini tak mendapat tanggapan positif di Jerman dan beberapa pihak cenderung tak percaya tentang adanya program ini ketika pertama kali diumumkan ke publik.

Sejumlah klub, di antaranya Koblenz, Mannheim dan Stuttgarter Kickers sudah menekankan tak akan bersedia tampil melawan Tiongkok U-20, dengan mereka menolak konsep bergabungnya tim asal Asia tersebut.

Selain itu, ada sekelompok Ultras — pendukung garis keras — di Jerman yang merancang grup di Facebook untuk skuat Tiongkok U-20. Hanya saja, mereka akan menghadiri pertandingan, tapi dengan tujuan melakukan protes terhadap kebijakan DFB.