Stefan Effenberg: Transfer Neymar Perlihatkan Ketertinggalan Bayern Munich

Menurut sang mantan kapten klub, Munich harus bisa menyaingi kekuatan finansial klub top Eropa lainnya jika ingin menjuarai Liga Champions.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI 


Mantan kapten Bayern Munich Stefan Effenberg melihat kepindahan Neymar ke Paris Saint-Germain yang bernilai €222 juta telah menunjukkan bahwa klub juara Bundesliga Jerman tersebut sudah tertinggal dari para pesaingnya di Eropa, ia menyatakan tidak akan terkejut jika klub akan gagal menjuarai Liga Champions dalam periode sepuluh tahun mendatang.

Dengan kekuatan finansial yang mereka punya, PSG menebus klausul pelepasan Neymar di Barcelona sehingga mencatatkan rekor baru dalam hal transfer pemain dunia. Hal tersebut juga menunjukkan ambisi tim asuhan Unai Emery itu untuk semakin kompetitif di Liga Champions.

Sementara Bayern baru saja memecahkan rekor transfer klub pada Juni lalu, setelah mendatangkan Corentin Tolisso dari Lyon dengan  biaya yang kini mungkin dipandang tidak terlalu mewah, €41,5 juta.

SIMAK JUGA: Transfer Neymar Dikhawatirkan Bisa Kacaukan Masa Depan Sepakbola

Klub Bavaria itu terakhir kali sukses menjuarai Liga Champions pada 2013, dan kini Effenberg mengatakan Bayern harus mulai menyaingi kekuatan finansial klub-klub papan atas Eropa lainnya jika ingin kembali meraih kejayaan di kompetisi paling bergengsi untuk klub elite Eropa tersebut.

“Ini tidak akan mudah bagi Bayern. Anda melihat bagaimana tim lain meningkatkan kekuatannya dengan berinvestasi €222 juta pada Neymar,” ujar Effenberg kepada T-Online.

Stefan Effenberg Bayer München

“Paris kini tentu berada di jajaran klub unggulan untuk menjuarai Liga Champions. Mereka lapar dan memiliki pilihan lain.” 

“Jika [Presiden Bayern] Uli Hoeness kemudian mengatakan kepada publik ‘tidak, kami tidak siap untuk membayar’ – maka gap dengan klub lain akan terus meningkat.”

SIMAK JUGA: Carlo Ancelotti Yakin Bayern Munich Sukses

Ketika ditanya apakah dia akan terkejut jika Bayern tidak menjuarai Liga Champions dalam satu dekade ke depan, Effenberg menjawab, “Tidak, saya tidak akan terkejut.”

“Ini merupakan hasil dari suatu klausul pelepasan yang ditebus.”

“Anda punya Paris, Barcelona, Real Madrid, dan juga klub-klub Inggris yang juga punya peluang.”

“Jika Bayern tidak melakukannya, gap akan semakin besar. Saat ini pun sudah cukup besar,” kata pemain Bayern periode 1990-1992 dan 1998-2002 tersebut.