Slaven Bilic: Pemain & Agen Terlalu Berkuasa Sekarang

Pernyataan tersebut dilontarkan Bilic untuk menanggapi situasi yang dihadapi Southampton dengan Virgil van Dijk.


OLEH    ADHE MAKAYASA     Ikuti di twitter


Manajer West Ham United Slaven Bilic turut bersimpati kepada Southampton dan manajer Mauricio Pellegrino yang di musim panas ini dipusingkan dengan situasi Virgil van Dijk.

Seperti diketahui, Van Dijk beberapa waktu lalu meminta untuk dijual, dengan Liverpool menjadi klub yang berminat untuk mendapatkan jasanya. Adapun situasi seperti itu pernah pula dialami Bilic dengan Dimitri Payet, yang akhirnya terpaksa dijual ke Olympique Marseille padahal sang pemain merupakan andalan di timnya.

Bilic menyebut klub-klub sekarang tidak punya kendali terhadap pemainnya, dan itu bertambah buruk dengan beberapa agen yang kerap kali memaksakan kepindahan kliennya.

“Saya tahu bahwa power yang dimiliki pemain dan agennya sekarang terlalu kuat,” kata Bilic jelang perjumpaan dengan Southampton di matchday kedua Liga Primer Inggris pada akhir pekan ini.

SIMAK JUGA – Mark Noble: West Ham United Bahagia Tanpa Dimitri Payet

“Power yang mereka miliki sangat luar biasa. Dan Anda tak bisa bilang bahwa kita harus melawannya. Kita harus berkompromi dengan itu dan mencoba mencari jalan terbaik untuk klub. Itu juga menjadi hal terbaik untuk manajer.

“Itulah mengapa saya bilang sepakbola itu sangat sederhana, namun pekerjaan manajer sangat pelik. Terkadang Anda menang, terkadang Anda kalah, entah itu di dalam maupun di luar lapangan.

“Tentu saja saya bersimpati [pada Southampton]. Ini sulit buat mereka, dan terkadang Anda berada di sisi lain dari cerita. Terkadang Anda ada di posisi untuk mendapatkan pemain, namun itu tidak membantu. Itu tidak pula membantu manajer.”