Sir Alex Ferguson Ragukan Penerapan VAR

Penerapan video teknologi di sepakbola telah lama menjadi perbincangan dan kini hal itu sudah mulai diterapkan di kompetisi besar.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI 


Sir Alex Ferguson meragukan penerapan asisten wasit video (VAR), tapi ia juga ingin penerapan teknologi di dunia sepakbola itu diberi kesempatan. 

Manajer legendaris Manchester United itu merasa meski telah mendapatkan bantuan VAR, keputusan wasit di lapangan akan selalu diperdebatkan. 

VAR telah digunakan di Bundesliga Jerman dan Serie A Itaia musim ini dan mendapatkan tanggapan yang beragam dari para pemain, pelatih, dan penggemar. Ferguson merasa bisa memahami persoalan tersebut.

SIMAK JUGA: Debut VAR Di Serie A Italia & Bundesliga Jerman Berjalan Sukses

“Terkait VAR, saya pikir tidak semua orang di ruangan ini benar-benar yakin, tapi kami bersiap untuk menunggu dan melihat beberapa contoh,” kata Ferguson saat berbicara di UEFA Elite Coaches Forum di Nyon, Swiss, seperti dikutip dari Goal Internasional, Kamis (31/8).

“Mereka memperlihatkan tiga tau empat potongan video, sejujurnya itu tidak bisa membuat saya yakin, mungkin begitu juga para wasit, jadi saya pikir kami berada dalam keraguan.”

“Itu layak dicoba karena Anda tidak bisa menghambat kemajuan. Jika kemajuan yang terjadi adalah dengan meningkatkan cara kerja wasit maka itu layak dicoba.”

SIMAK JUGA – Gianluigi Buffon: Teknologi VAR Merusak Sepakbola

“Mungkin dalam dua atau tiga tahun lagi itu [VAR] akan menjadi bagian dari pertandingan. Ingat, kita berbicara tentang teknologi garis gawang dalam beberapa tahun sebelum itu akhirnya benar-benar diterapkan. Kini hal Itu telah diterapkan dan berjalan dengan baik.”

“Jadi berikanlah VAR kesempatan. Kita bersiap untuk menunggu. Saya pikir UEFA telah berada di fase itu juga, belum terlalu yakin, tapi melihat beberapa contoh lainnya itu mungkin akan berjalan dengan baik.”