Rumor Pensiun Radja Nainggolan Bikin Netizen Indonesia “Ngarep”

Sejumlah warganet Indonesia menganggap gelandang Roma ini bisa membela Merah Putih setelah kabar pensiunnya dari timnas Belgia merebak.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di Twitter


Sebuah kabar mengejutkan datang dari Radja Nainggolan saat gelandang AS Roma itu mengaku akan “meninggalkan sepakbola internasional” alias pensiun dini dari timnas Belgia dalam sebuah wawancara.

Nainggolan mengaku frustrasi dengan perlakuan pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez, karena mencoretnya dalam skuat terkini untuk menghadapi babak kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Gibraltar dan Yunani pada September mendatang.

Pemain berusia 29 tahun ini kemudian memberikan klarifikasi lewat akun sosial media bahwa ia belum membuat keputusan final soal masa depannya di Belgia. Namun, kabar tersebut sudah telanjur membuat netizen Indonesia heboh.

SIMAK JUGA: Nainggolan: Saya Belum Pensiun

Ya, banyak warganet Indonesia yang sudah membayangkan Nainggolan akan berganti timnas menjadi Indonesia. Seperti diketahui, Nainggolan memang memiliki darah Indonesia yang berasal dari ayahnya.

Sebagaimana terlihat di akun Instagram Goal Indonesia, banyak komentar bermunculan untuk membujuk Nanggolan berseragam Merah Putih, seperti “Naturalisasi!”, “Perkuat timnas Indonesia”, “Saatnya masuk timnas, duet dengan Evan Dimas”, dan lain-lain. Di samping, ada juga yang meralat sikap ngarep para warganet tersebut.

Aturan FIFA memang jelas melarang seorang pemain yang sudah membela timnas senior di laga kompetitif untuk berpindah ke timnas negara lain. Berhubung Nainggolan sudah berkali-kali mentas di laga kompetitif dengan membawa panji Belgia, termasuk di Euro 2016, maka tidak ada peluang sedikit pun baginya untuk membela Indonesia.

FIFA hanya mengizinkan seorang pemain membela negara kedua jika ia hanya tampil di laga persahabatan bersama negara pertama. Contoh kasus populer soal hal ini adalah Diego Costa, yang sempat membela Brasil di dua laga uji coba namun kini telah berganti timnas menjadi Spanyol.