REVIEW Liga Europa: Niklas Bendtner Singkirkan Ajax

Eks striker Arsenal dan Juventus ini menyumbang satu gol untuk mengakhiri harapan Ajax lolos ke fase grup Liga Europa.


OLEH    YUDHA DANUJATMIKA     Ikuti di twitter


Rosenberg unggul 3-2 (agregat 4-2) atas Ajax di leg kedua  play-off  Liga Europa, Jumat (25/8) dini hari WIB. Niklas Bendtner mencetak gol pembuka Rosenberg dalam laga ini, disusul oleh brace  Samuel Adegbenro.

Bendtner memaksa Ajax memungut bola dari gawangnya ketika laga baru berjalan 26 menit. Menerima umpan silang dari sektor kiri, eks striker Arsenal itu menanduk bola ke gawang Andre Onana.

Adapun di babak kedua, tim tamu tampil beringas. Amin Younes dan Lasse Schone sukses memutar balik kedudukan. Siapa sangka, tuan rumah kembali unggul lewat dua gol Adegbenro dan mengamankan satu tiket lolos.

Sementara itu, Olympique Marseille unggul 3-0 (agregat 4-1) atas Domzale. Klub asal Prancis itu mengunci tiket ke fase grup UEL lewat sepasang gol Valere Germain.

Germain melakukan gerak cerdas dalam penciptaan gol pembuka. Memperdaya bek-bek Domzale, sang striker berhasil lolos dari kepungan dan menyambut umpan silang rekannya. Dengan mudah, bola diarahkan ke gawang tim tamu.

SIMAK JUGA – Hasil Undian Fase Grup Liga Champions

Eks striker AS Monaco itu menambah pundi-pundi golnya di babak kedua, kemudian ditutup oleh gol Florian Thauvin. Sentuhan akhir Marseille memang mematikan dan berperan besar perjalanan ke fase grup.

Terbang ke Spanyol, Athletic Bilbao turut mengamankan satu tiket ke fase grup. Klub Basque itu unggul 1-0 atas Panathinaikos, tapi menang telak 4-2 jika menghitung agregat total.

Gol tunggal Bilbao tercipta dari skema serangan cantik. Berawal dari serangan balik, Markel Susaeta dan Aritz Aduriz bekerja sama, kemudian menyodorkan bola pada Muniain. Pemuda Spanyol itu dengan tenang menyambar bola ke gawang kosong.