RESMI: Holger Badstuber Merapat Ke VfB Stuttgart

Bek yang selalu diganggu masalah cedera ini memilih kembali ke klub yang pernah dibelanya di usia remaja.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di Twitter


Setelah terluntang-lantung berstatus tanpa klub selama tiga bulan terakhir, Holger Badstuber akhirnya resmi berlabuh di klub promosi Bundesliga Jerman VfB Stuttgart secara gratis.

Kepindahan ini mengakhiri kiprah lama Badstuber bersama Bayern Munich yang terbentang sejak 2002, ketika ia masuk ke tim akademi Die Roten. Cedera secara terus menerus, termasuk cedera lutut ACL secara beruntun pada 2012 dan 2013, membuat Badstuber kesulitan berada di puncak performa. Dalam empat musim terakhir, ia total hanya mencatatkan 40 laga di semua ajang.

Bek dengan koleksi 31 caps bagi Jerman ini sempat dipinjamkan ke Schalke di paruh kedua musim 2016/17 sebelum dilepas Bayern pada pertengahan Mei lalu. Masih berusia 28 tahun, Badstuber kini bersiap menghadapi petualangan baru bersama Stuttgart. Faktanya, Stuttgart bukan klub yang asing bagi Badstuber.

SIAK JUGA: Stuttgart Perpanjang Kontrak Pelatihnya

Meski belum pernah menembus tim senior Stuttgart, Badstuber pernah membela tim akademi Die Schwaben saat berusia 11 hingga 13 tahun sebelum ditarik ke Bayern pada 2002. Ia pun antusias bisa kembali ke klub masa kecilnya.

“Sudah sepantasnya seseorang ingat pada akarnya. Saya pun demikian. Stuttgart selalu menjadi klub spesial bagi saya. Wilayah, fans, dan suasana optimisme di klub ini membuat saya tidak sabar untuk segera bermain,” kata Badstuber setelah diperkenalkan sebagai penggawa anyar Stuttgart, Jumat (4/8).

Sementara itu, direktur bisnis Stuttgart Jochen Rottgermann menyuarakan rasa bangganya bisa mengamankan tenaga Badstuber. “Kami telah mengamankan pemain dengan kualitas eksepsional. Holger tahu banyak tentang Bundesliga dan Stuttgart,” katanya.