Rekor Yang Bisa Dipecahkan Pada Musim 2017/18

Banyak catatan gemilang yang bisa dipecahkan musim depan – Goal mengumpulkan beberapa di antaranya.


OLEH  Peter McVitie    PENYUSUN: Gunawan Widyantara     Ikuti di twitter


Setelah kehebohan sejumlah transfer pemain di musim panas, musim baru sepakbola Eropa ada di depan mata. 

Kepindahan Neymar ke PSG seharga €222 juta yang memecahkan rekor dunia kemungkinan besar akan bertahan lama namun masih banyak rekor lain yang menanti untuk dilewati di era sepakbola modern ini.

Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan sejumlah bintang lainnya bisa mencatatkan diri dalam sejarah pada musim nanti, berikut daftarnya…


MANAJER DENGAN LAGA TERBANYAK DI EPL


Arsene Wenger Arsenal

Musim lalu, kita bisa merasakan hari-hari Arsene Wenger bersama Arsenal tidak lama lagi akan berakhir karena mereka tersingkir di Liga Champions dan kesulitan di Liga Primer.

tetapi nyatanya juru taktik asal Prancis ini malah memperpanjang kontrak untuk dua tahun ke depan dan rekor baru berada dalam bidikannya.

SIMAK JUGA: Mohamed Elneny Enggan Tinggalkan Arsenal

Wenger sekarang berstatus pelatih yang paling lama beredar di Liga Primer dan akan mengambil alih rekor Sir Alex Ferguson sebagai manajer dengan laga terbanyak sepanjang sejarah EPL.

Ferguson punya catatan 810 pertandingan sementara menuju musim baru, Wenger punya 790 laga.


PENAMPILAN TERBANYAK LIGA PRIMER


Gareth Barry

Dengan satu sabuk gelar juara Liga Primer di pinggang, Gareth Barry tentu saja tidak sering disandingkan dengan pemain legendaris seperti Ryan Giggs.

Tetapi, setelah berpetualang selama 19 tahun di kasta tertinggi sepakbola Inggris bersama Aston Villa, Manchester City dan sekarang Everton, sang gelandang tidak lama lagi akan mematahkan rekor Giggs.

Giggs mencatat 632 penampilan bersama si Setan Merah di Liga Primer sementara Barry sekarang telah mengumpulkan 628 pertadindingan.


GOL TERBANYAK DALAM SEMUSIM LIGA PRIMER


Alan Shearer Newcastle United

Harry Kane boleh berargumen bisa memecahkan rekor ini pada musim lalu andai tidak absen di delapan pertandingan karena cadera. Dengan 29 gol dari 30 pertandingan, bomber Tottenham Hotspur ini nyaris melewati torehan 34 gol yang diciptakan Andy Cole (1993/94) dan Alan Shearer (1994/95) ketika kompetisi harus dilewati dengan 42 pertandingan.

Kane hanya terpaut dua gol dari rekor 38 pertadingan (31 gol) yang dikukuhkan Shearer yang pernah disamakan oleh Cristiano Ronaldo (2007/08) dan Luis Suarez (2013/14).

SIMAK JUGA: Paul Pogba Rela “Mati” Untuk Romelu Lukaku

Musim ini Kane diprediksi gemilang dan bisa melewati rekor Shearer namun dia tidak sendirian, Romelu Lukaku juga punya kans serupa.

Performa Lukaku musim lalu bersama Everton sangat menjanjikan dengan mengemas 25 gol sebelum merapat ke Old Trafford.

Sementara itu Alvaro Morata juga siap membuktikan kualitas setelah meninggalkan Real Madrid untuk merapat ke juara bertahan Chelsea. Tidak jauh dari markas the Blues, Alexandre Lacazette pasti diandalkan untuk memimpin lini serang the Gunners.


ASIST TERBANYAK DALAM SEMUSIM LIGA PRIMER


Thierry Henry

Dalam beberapa tahun ke belakang, Kevin De Bruyne, Mesut Ozil dan Cesc Fabregas nyaris menyamai rekor 20 assist Thierry Henry di Liga Primer yang tercipta pada musim 2002/03, namun hingga detik ini catatan legenda Prancis tersebut masih bertahan.

SIMAK JUGA – Mourinho: United Siap Berjuang Dapatkan Bale

Musim lalu bersama Manchester City De Bruyne mengumpulkan 18 dari 36 pertandingan dan dia ditantang memberi kontribusi yang lebih besar seiring investasi besar-besaran yang dilakukan Pep Guardiola di Etihad. 

De Bruyne boleh berada di urutan teratas assit namun terkait menciptakan peluang, Christian Eriksen jagonya dan bisa menjadi pesaing utama. Semntara itu Mesut Ozil selalu jadi penantang karena dia masih berstatus sebagai salah satu playmaker paling kreatif di Liga Primer dan pernah nyaris menyami rekor Henry dengan torehan 19 assist pada musim 201/16.


GELAR LIGA CHAMPIONS – PELATIH


Carlo Ancelotti Bayern Munich Bundesliga

Musim debut Carlo Ancelotti beresama Bayer Munich hanya dihiasi satu gelar Bundesliga Jerman.

Harapan pelatih Italia tersebut untuk menjadi juru taktik dengan gelar terbanyak Liga Champions kandas di tangan Real Madrid pada babak perempat-final.

Sekarang Ancelotti bersama Bob Paisley merupakan pemegang gelar terbanyak namun dia pasti berharap bisa mengukuhkan diri sebagai manajer paling sukses sepanjang sejarah Liga Champions.


GOL TERBANYAK DI FASE GRUP LIGA CHAMPIONS


Cristiano Ronaldo Real Madrid Champions League

Cristiano Ronaldo sudah melewati torehan Raul sebagai pencetak gol terbanyak kompetisi tertinggi antarklub Eropa tersebut namun legenda sang sepakbola Spanyol masih unggul pada catatan tertentu.
 
55 dari total 106 gol yang sudah dicatat ikon sepakbola Portugal itu datang dari fase gugur sementara Raul lebih gemilang di fase grup dengan 53 gol dari total 71.

Meski demikian, Ronaldo bisa melewati Raul dengan catatan sanggup mengemas tiga gol di enam pertandingan eprtama El Real di Liga Champions musim ini.


PENAMPILAN TERBANYAK SERIE A


Buffon Juventus Serie A

Gianluigi Buffon sudah menegaskan musim depan adalah yang terakhir baginya namun tetap saja status pemain dengan penampilan terbanyak sepanjang sejarah Serie A Italia akan digenggamnya.

Rekor sekarang masih dipegang ikon AC Milan Paolo Maldini dengan 647, namun kiper nomor satu Bianconeri ini hanya butuh 29 laga untuk melewatinya.


GOL TERBANYAK LA LIGA – KLUB


Malaga Real Madrid LaLiga 21052017

Rekor gol terbanyak sebuah tim di La Liga dipegang oleh skuat Real Madrid di bawah komando Jose Mourinho dengan 121 gol yang tercipta pada musim 2011/12.

Mengumpulkan lebih dari 100 gol sebenarnya hal normal bagi El Real dan Barcelona. Musim lalu skuat Zinedine Zidane tertinggal 15 gol dari rekor sebelumnya sementara di peringkat kedua Barcelona punya 116 gol.

LAPORAN KHUSUS: Neymar Bisa Berakhir Di Pelukan Real Madrid

Musim depan rivalitas keduanya dipastikan berlanjut dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang masih bisa menyuguhkan performa terbaik, rekor ini berpotensi pecah.


PENGUMPUL TROFI MAYOR TERBANYAK


HD Dani Alves PSG

Maxwell memang tidak bisa disebut sebagai bintang yang benar-benar mendunia tetapi dia punya catatan mengesankan dengan mengumpulkan 37 trofi mayor bersama PSG, Barcelona, Inter, Ajax, dan Cruzeiro.

Akan tetapi catatan tersebut bisa dimentahkan oleh bintang anyar PSG Dani Alves yang sejauh ini telah mengumpulkan 36 trofi. 

Dengan tiga gelar yang bisa diburu musim depan, bek kanan ini bisa menambah koleksi trofi yang sebelumnya sering dia rayakan bersama Barcelona, Jvuentus, Sevilla dan Brasil.


GOL TERBANYAK DALAM SATU MUSIM LA LIGA – PEMAIN


Lionel Messi Barcelona

Musi lalu Lionel Messi mengakhiri La Liga dengan status pencetak gol terbanyak, namun catatan 37 golnya masih jauh dari rekor yang pernah dia catat pada musim 2011/12 (50).

Sekarang Neymar telah pergi dan superstar Argentina ini diprediksi punya kans yang lebih besar untuk menambah pundi-pundi golnya.

Musim lalu Neymar menyumbang 13 gol untuk Barca di La Liga, jika jumlah yang sama mampu dilahap Messi pada musim depan, mungkin sang superstar sudah menyamai rekornya dahulu.


KARTU TERBANYAK SEPANJANG SEJARAH LA LIGA


Sergio Ramos Malaga Real Madrid LaLiga 21052017

Bek tengah Real Madrid Sergio Ramos diketahui punya kemampuan bagus dalam mencetak gol tetapi pemain timnas Spanyol ini lebih ahli dalam mengumpulkan kartu.

Pemenang tiga trofi Liga Champions ini semakin dekat dengan dua rekor domestik untuk mengukuhkan diri sebagai salah satu pemain paling kontroversial di La Liga.

Dengan 145 kartu kuning plus 17 kartu merah, dia hanya tertinggal tujuh dari pemain yang paling banyak menerima kartu yaitu mantan pemain Espanyol, Getafe dan Deportivo Alberto Lopo Garcia.

Xavier Aguado dan Pablo Alfaro adalah pemilik kartu merah terbanyak di kasta tertinggi sepakbola Spanyol dan Ramos hanya terpaut satu.


GOL TERBANYAK LIGUE 1


HD Neymar PSG

57 tahun berlalu sejak RC Paris mencatat 118 gol dalam satu musim kompetisi Ligue 1. 

Musim lalu Monaco bisa mendekati dengan 107 gol saat mematahkan dominasi PSG dan sepertinya tidak lama lagi rekor RC Paris bakal bisa dipecahkan.

Kehadiran Neymar tentunya membuat PSG dalam tekanan untuk gemilang di Ligue 1 sementara Kylian Mbappe diharapkan bisa memimpin lagi AS Monaco.


KEMENANGAN BERUNTUN LIGUE 1


Kylian Mbappe Monaco Toulouse Ligue 1 29042017

Kemenangan 3-2 atas Toulouse membuat Monaco memperpanjang kemenangan beruntun yang sudah dirangkai sejak musim lalu.

SIMAK JUGA: Monaco Tawarkan Kontrak Untuk Mantan Winger Lyon

Pasukan Leonardo Jardim mengakhiri musim dengan 12 kemenangan beruntun dan akan menyamai rekor kemenangan berturut-turut milik Bordeaux andai akhir pekan nanti bisa menghajar Dijon dan bakal memasang standar baru jika kemudian sanggup menaklukkan Metz.