Radja Nainggolan: Saya Belum Pensiun Dari Belgia

Gelandang keturunan Batak ini sempat dikabarkan pensiun dari sepakbola internasional setelah berkonflik dengan Roberto Martinez.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di Twitter


Radja Nainggolan mengaku belum membuat keputusan final soal masa depannya bersama tim nasional Belgia setelah dikabarkan bakal pensiun dari sepakbola internasional.

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Belgia Nieuwsblad, gelandang AS Roma itu menyatakan keinginannya untuk meninggalkan timnas Belgia sembari mengumbar hubungannya yang tidak harmonis dengan pelatih Roberto Martinez.

SIMAK JUGA: Radja Ancam Tinggalkan Belgia

Seperti diketahui, dalam skuat terkini Belgia untuk menghadapi babak kualifikasi Piala Dunia lawan Gibraltar dan Yunani pada September mendatang, Martinez secara mengejutkan mencoret Nainggolan. Nainggolan memang bukan starter reguler Belgia sejak kedatangan Martinez pada tahun lalu. 

Hal itulah yang membuat pemain berusia 29 tahun ini berbicara blak-blakan dan mengaku akan “meninggalkan sepakbola internasional sekarang juga”. Namun beberapa jam setelah kabar pensiun dininya mencuat ke permukaan, Nainggolan menepis hal itu lewat akun Twitter miliknya.

Als er iets OFFICIEEL gezegd zal worden zul je het wel van mij horen… ben enkel teleurgesteld. Ik heb helemaal niets beslist.

— Radja Nainggolan (@OfficialRadja) August 26, 2017

“Jika ada sesuatu yang resmi, Anda akan mendengarkannya langsung dari saya. Saya hanya mengumbar kekecewaan saya [dalam wawancara itu]. Saya belum memutuskan apa pun,” tulisnya.

Rumor pensiun Nainggolan ini sempat membuat warganet Indonesia heboh karena membayangkan sang elandang akan bisa membela negara asal ayahnya, Indonesia. Meski demikian, hal itu tentu tidak akan terjadi, mengingat aturan FIFA jelas melarang seorang pemain yang sudah membela timnas senior di ajang kompetitif berpindah ke timnas negara lain.