PREVIEW Serie A Italia: Juventus – Cagliari

Cagliari jadi lawan ideal Juventus untuk memulai langkahnya rengkuh Scudetto Serie A Italia tujuh kali beruntun.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR       Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Juventus bakal membuka Serie A Italia musim 2017/18 dengan hadapi Cagliari di Allianz Stadium, pada Sabtu (19/8) malam WIB.

Partai pembuka ini terbilang ideal untuk Juve memulai langkahnya rengkuh Scudetto tujuh kali beruntun. Harus diakui jika Cagliari memiliki level yang jauh di bawah Si Nyonya Tua. Selain karena sejarah, nama besar, dan komposisi pemain, Cagliari juga selalu kalah dalam 14 pertemuan terakhir di semua kompetisi.

Juve sendiri belum dalam bentuk terbaiknya. Menjalani pramusim dengan sederet hasil yang terbilang negatif, Tim Hitam Putih juga baru saja menelan kekecewaan besar akibat takluk di Piala Super Italia 2017. Kemenangan atas Cagliari, jelas bisa jadi mood-booster untuk mereka.

Meski begitu bukan berarti Juve lantas meremehkan Cagliari. Hal itu ditegaskan oleh pelatihnya, Massimiliano Allegri, yang menyebut giornata perdana selalu hadirkan duel yang tak terduga. Dia pun ingin Gianluigi Buffon cs tak kehilangan fokus.

“Berbicara mengenai Cagliari, besok adalah pertandingan pertama kami di Serie A musim ini. Pertandingan seperti ini selalu diwarnai unsur yang tak terduga. Kami tak boleh kehilangan fokus,” tegasnya, seperti dikutip Sky Italia.

Paulo Dybala Juventus

Kontribusi Dybala makin krusial

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Juventus Kontra Cagliari

Formasi andalan 4-2-3-1 dipercaya bakal jadi andalan, walau Allegri mengaku belum menentukan siapa saja yang akan bermain. Namun satu pemain yang pasti diturunkan dan pantas mendapat sorotan tentulah Paulo Dybala.

Mengemban tanggung jawab besar dengan sandang nomor 10, Dybala sudah memberikan impresi positif pada laga debutnya di Piala Super Italia lalu. Meski kalah dari Lazio, La Joya tampil sebagai pembeda dengan cetak dua gol dari ekskusi bola mati. Kontribusinya tentu bakal semakin dinanti dan krusial, apalagi di giornata perdana nanti.

Perubahan tampak bakal dilakukan di lini belakang, dari komposisi yang diturunkan pada Piala Super Italia lalu. Stephan Lichtsteiner diyakini akan mentas sejak awal di sisi kanan, dengan duet gaek Andrea Barzagli – Giorgio Chiellini di jantung pertahanan.

Miralem Pjanic dan Sami Khedira belum akan dirotasi di lini tengah, meniliki Blaise Matuidi yang baru bergabung bersama tim selama dua hari. Di lini depan, Douglas Costa tampak bakal mendapat kesempatan mentas sejak awal untuk menyervis Gonzalo Higuain lewat umpan-umpan matangnya.

Juve diprediksi kuat bakal meraih kemenangan, meski belum melalui performa yang meyakinkan.

Prakiraan Formasi:

Juventus (4-3-3): Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Chiellini, Alex Sandro; Pjanic, Khedira; Costa, Dybala, Mandzukic; Higuain.

Cagliari (4-3-1-2): Cragno; Padoin, Pisacane, Andreolli, Miangue; Barella, Cigarini, Ionita; Pedro; Sau, Borriello.

Prediksi Goal Indonesia:  Juventus 2-1 Cagliari

TAHUKAH ANDA

  • Partai ini jadi debut J Stadium, sejak berubah nama menjadi Allianz Stadium sebulan lalu.
  • Juve tidak terkalahkan dalam 37 laga kandang terakhir di Serie A. Mereka juga tak pernah kebobolan lebih dari satu gol, dalam 40 partai kandang terakhir.
  • Juve tak pernah kalah dari Cagliari dalam 14 pertemuan terakhir di semua kompetisi, dengan 13 di antaranya terjadi di Serie A.
  • Juve hanya kalah sekali di laga pembuka Serie A yang dihelat di kandangnya sendiri. Itu terjadi pada musim 2015/16 lalu, kala menjamu Udines.
  • Di Serie A musim lalu Cagliari tak pernah catatkan clean sheet jika bermain tandang.
  • Simone Padoin dan Marco Borriello jadi dua penggawa Cagliari yang pernah rasakan Scudetto bersama Juve.