PREVIEW Serie A Italia: Genoa – Juventus

Kunjungan ke Marassi tak boleh dianggap remeh, karena Juventus kalah dua kali dalam tiga lawatan terakhirnya.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR       Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Juventus bakal melanjutkan perjuangannyya pertahankan Scudetto dengan melawat ke Marassi, markas Genoa, dalam lanjutan Serie A Italia giornata dua, Sabtu (26/8) malam WIB.

Meski bermain tandang, Juve diprediksi bakal lakoni laga yang cukup ringan untuk membawa pulang tiga poin. Apalagi mereka sukses catatkan empat clean sheet dalam lima pertemuan terakhir hadapi tim Kota Pelabuhan.

Namun menilik rekor pertemuan, sejatinya Marassi bukanlah tempat yang ramah untuk Juve. Dua kali Si Nyonya Tua kalah, dalam tiga kunjungan terakhirnya. Fakta yang membuat sang pelatih, Massimiliano Allegri, mewanti-wanti anak asuhnya untuk tak memandang remeh Genoa.

“Kemenangan di partai seperti ini krusial, mengingat Serie A yang semakin kompetitif. Kami juga tak boleh meremehkan Genoa, mereka tim yang kuat. Buktinya kami kalah 3-1 di sini [Marassi] musim lalu, yang jadi derita kedua dalam tiga kunjungan terakhir. Kami tak boleh kehilangan fokus, seperti 27 menit awal layaknya musim lalu,” tegas Allegri, seperti dikutip Goal Italia.

Skema andalan 4-2-3-1 akan kembali diandalkan, dengan sedikit sentuhan di lini tengah. Penggawa anyar, Blaise Matuidi, punya kans besar lakoni debut seiring cederanya Claudio Marchisio, dan fisik Sami Khedira yang dipandang belum maksimal.

Buffon Juventus Serie A

Buffon tengah on-fire

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Genoa Kontra Juventus

Selain itu duo Argentina di lini depan Juve juga diselimuti aura positif. Paulo Dybala selalu mencetak gol dalam tiga giornata terakhir, sementara Gonzalo Higuain mengoleksi lima gol dalam delapan pertemuannya dengan Genoa. Keduanya dalam kondisi terbaik jelang partai ini.

Meski begitu sorotan utama layak diarahkan pada kapten Juve, Gianluigi Buffon. Sosok gaek berusia 39 tahun itu baru saja menerima penghargaan sebagai kiper terbaik UEFA musim lalu. Performanya di giornata perdana pun heroik, dengan kesuksesannya menangkis penalti.

Pemain berjuluk Superman itu bisa jadi solusi pasti kekukuhan Juve di lini belakang, kalau-kalau mereka tak berada dalam performa terbaik dan harus menang lewat penampilan buruk.

Genoa sendiri bukannya tak punya amunisi untuk mengancam Juve. Il Grifoni punya tiga penyerang berpengalaman, dalam sosok Raffaele Palladino, Goran Pandev, dan Gainluca Lapadula. Kualitas mereka berpotensi cukup merepotkan pertahanan I Bianconeri.

Walau begitu Juve tetap jadi unggulan untuk petik tiga angka. Raihan tersebut krusial sebelum jeda internasional, yang bisa mempengaruhi fisik dan mental pemain saat ini.

Prakiraan Formasi:

Genoa (3-4-2-1): Perin; Biraschi, Rosettini, Gentiletti; Lazovic, Veloso, Bertolacci, Laxalt; Pandev, Taarabt; Lapadula.

Juventus (4-3-3): Buffon; Lichtsteiner, Rugani, Chiellini, Alex Sandro; Pjanic, Matuidi; Costa, Dybala, Mandzukic; Higuain.

Prediksi Goal Indonesia:  Genoa 0-2 Juventus

TAHUKAH ANDA

  • Juve sukses torehkan clean sheet pada empat dari lima pertemuan terakhirnya hadapi Genoa di Serie A.
  • Meski begitu Juve cuma memenangkan empat laga dalam sembilan lawatannya ke markas Genoa. Si Nyonya kalah tiga kali dan imbang dua kali.
  • Paulo Dybala selalu mencetak gol dalam tiga partai terakhirnya di Serie A. Dia belum pernah mencetak gol di empat giornata beruntun untuk Juve.
  • Gonzalo Higuain sukses mencetak lima gol dalam delapan pertemuannya hadapi Genoa. Namun dia tak pernah melakukannya di Marassi.
  • Terakhir kali Genoa mengalahkan Juve dalam dua partai kandang beruntun, terjadi pada 1991.