PREVIEW Play-Off Liga Champions: Hoffenheim – Liverpool

Debut Eropa Hoffenheim akan disambut oleh Liverpool yang mulai bangkit di tangan Klopp. Siapa unggul di pertemuan pertama?


OLEH    YUDHA DANUJATMIKA     Ikuti di twitter


Liverpool akan menghadapi Hoffenheim di leg pertama play-off Liga Champions, Rabu (16/8) dini hari WIB. Terlepas dari rekor positif The Reds kontra klub Jerman, keberuntungan pemula bisa jadi ganjalan berarti yang ditawarkan Hoffenheim.

Laskar Anfield terakhir kali berlaga di Liga Champions pada musim 2014/15. Adapun kepergian Luis Suarez masih terasa saat itu dan The Reds tersingkir dini di fase grup. Musim berikutnya, Jurgen Klopp gagal membawa tim lolos ke kompetisi akbar Eropa itu.

SIMAK JUGA – Klopp Jelaskan Situasi Coutinho

Kesempatan akhirnya datang lagi setelah Kloppo mengamankan posisi keempat musim lalu. Hanya saja, tiket lolos ke Liga Champions tidak otomatis diraih. Mereka harus lebih dulu melompati Hoffenheim, debutan Eropa yang tampil meyakinkan musim lalu.

Jelang laga penting ini, Liverpool punya bekal positif terkait rekor. Dalam enam pertemuan terkini lawan klub Jerman, The Reds tak pernah kalah. Dari total 36 laga yang dilakoni sepanjang sejarah, klub Merseyside itu bahkan cuma kalah enam kali.

GFXID - Rekor Kandang Hoffenheim

Adapun performa positif Hoffenheim patut diwaspadai. Sejak ditangani oleh Julian Nagelsmann, Die Kraichgauer menjadi salah satu kekuatan besar di Bundesliga. Klub yang berdiri pada 1899 itu bahkan hanya tertinggal dua poin dari Borussia Dortmund.

Lima laga terkini juga berakhir baik untuk laskar Nagelsmann. Manajer termuda Bundesliga itu (30 tahun) tak terkalahkan dalam lima laga terakhir, bahkan menutup empat di antaranya dengan kemenangan. Dari 17 laga kandang Bundesligs musim lalu, mereka bahkan tak pernah kalah – termasuk menaklukkan Bayern Munich.

SIMAK JUGA – Kontrak Can Mandek, Klopp Deg-degan

Sementara Liverpool dipastikan tanpa Philippe Coutinho, Adam Lallana, serta Daniel Sturridge, Hoffenheim punya Serge Gnabry dan Andrej Kramaric yang sedang naik daun. Gnabry tampil apik bersama Wolfsburg musim lalu (11 gol dan 2 assist) dan Kramaric jadi pemain inti Hoffenheim (15 gol 8 assist).

PERKIRAAN LINE-UP

Hoffenheim (3-5-2): Baumann; Hubner, Vogt, Hoogma; Nordtveit; Zuber, Gnabry, Polanski, Kaderback; Kramaric, Wagner

Liverpool (4-3-3): Karius; Milner, Lovren, Matip, Alexander-Arnold; Can, Wijnaldum, Henderson; Mane, Firmino, Salah

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Hoffenheim 2-1 Liverpool

TAHUKAH ANDA?

  • Julian Nagelsmann jadi pelatih termuda dalam sejarah Bundesliga ketika ditunjuk untuk memimpin Hoffenheim pada Februari 2016 (usianya masih 28 tahun saat itu). Hoffenheim ada di zona degradasi ketika Nagelsmann mengambil alih, tapi meraih tujuh kemenangan dalam 14 laga liga dan sukses bertahan di kasta teratas Jerman.
  • Hoffenheim mengamankan finis tertinggi di Bundesliga musim lalu (peringkat empat), di musim penuh pertama Nagelsmann dan Sembilan tahun setelah promosi ke Bundesliga.
  • Hoffenheim tak terkalahkan dalam 17 laga kandang musim lalu, menang 11 kali. Mereka Cuma kalah sekali dalam 22 laga kandang terkini.
  • Liverpool meraih 76 poin musim lalu, 16 poin lebih banyak dari musim 2015/16.
  • Liverpool tak terkalahkan dalam 14 pertandingan melawan klub delapan besar musim lalu, meraih tujuh kemenangan.