PREVIEW Liga Primer Inggris: Liverpool – Arsenal

Dua kekuatan besar Inggris, Liverpool dan Arsenal, akan kembali bertemu muka di Anfield. Siapa jadi pemenang di pekan ketiga?


OLEH    YUDHA DANUJATMIKA     Ikuti di twitter


Liverpool akan menjamu Arsenal dalam laga Super Sunday (27/8) di Anfield. Sementara Philippe Coutinho masih harus absen, The Gunners akan kembali diperkuat oleh Alexis Sanchez.

Coutinho digosipkan jadi sasaran transfer Barcelona musim panas ini dan kian dekat dengan pintu keluar. Adapun Jurgen Klopp membantah potensi transfer, menyebut playmaker Brasil itu mengalami cedera punggung.

SIMAK JUGA – Klopp Pede dengan Skuat Liverpool

The Reds juga berada dalam kondisi positif walau ditinggal Coutinho. Mereka berhasil mengantongi empat poin di Liga Primer, lalu mengamankan tiket lolos ke Liga Champions berkat kemenangan agregat 6-3 atas Hoffenheim.

Dalam situasi on fire ini, Jurgen Klopp tetap meminta anak asuhnya untuk waspada dan mengajak fans The Reds untuk memanaskan suasana di Anfield.

GFXID - Liverpool vs. Arsenal STATS

“Tahun lalu, kami memiliki rekor yang luar biasa melawan klub enam besar, tapi kami tak mencuri cukup poin dari tim-tim yang lain,” ungkapnya. “Jadi, kami pikir sungguh masuk akal untuk melakukan hal itu lagi dan mengantongi lebih banyak poin dari pertandingan lain. Namun ini tetap sulit, ini selalu sulit dan akan tetap sulit.”

“Arsenal masih menjadi tim yang sangat kuat, tapi saya pikir kita masih bisa mengingat atmosfer kemarin Rabu malam dan itulah yang ingin saya dapat sekali lagi. Walau pertandingannya Minggu siang, saya ingin mendengarnya lagi.”

SIMAK JUGA – Cedera & Sanksi Liga Primer 2017/18

Di sudut tamu, Sanchez berpotensi melakoni penampilan pertama di Liga Primer musim ini. Bintang Cile itu juga digosipkan bakal hengkang dari London, tapi Arsene Wenger mengatakan anak asuhnya sudah siap bermain di Merseyside.

“Ia bekerja sangat keras, fokus, dan memberikan segalanya. Ia sangat suka bermain sepakbola dan kadang sulit untuk menghentikannya, tapi ia sudah siap sepenuhnya. Ia tidak bermain untuk waktu yang lama, jadi saya akan memutuskan apa yang akan saya lakukan padanya. Namun ia tampak siap untuk bermain.”

PERKIRAAN FORMASI

Liverpool (4-3-3): Mignolet; Gomez, Lovren, Matip, Robertson; Can, Henderson, Wijnaldum; Mane, Firmino, Salah

Arsenal (3-4-2-1): Cech; Mustafi, Koscielny, Monreal; Oxlade-Chamberlain, Xhaka, Ramsey, Kolasinac; Sanchez, Ozil; Lacazette

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Liverpool 2-1 Arsenal

TAHUKAH ANDA?

  • Liverpool meraih dua kemenangan atas Arsenal di Liga Primer 2016/17. Mereka tak pernah menang tiga kali beruntun sejak Mei 1998 (empat beruntun).
  • Laga antara dua klub di Liga Primer ini telah menghasilkan 17 gol pada periode menit ke-90 dan seterusnya, lebih banyak dari pertandingan lain.
  • Arsenal meraih poin paling sedikit dari laga melawan tim enam besar di 2016/17 (9 poin) dan kalah lima kali dari sepuluh laga kontra klub top six.
  • Liverpool mengantongi 20 poin dari sepuluh laga Liga Primer melawan tim enam besar di 2016/17, lebih banyak dari klub mana pun.
  • Arsenal menelan delapan kekalahan dalam 13 laga tandang terakhir di Liga Primer (M4, S1, K8) – delapan kekalahan tandang terakhir mereka terjadi dalam kurun waktu 41 laga.
  • Liverpool mampu menjaga gawang tetap perawan dalam tiga laga Liga Primer terkini di Anfield – terakhir kalinya mereka meraih empat clean sheet beruntun pada September 2013 di bawah asuhan Brendan Rodgers.
  • Dua klub ini mencatatkan tembakan akurat terbanyak dalam dua laga pembuka Liga Primer 2017/18 – Liverpool (18) dan Arsenal (16).
  • Sadio Mane ambil bagian dalam lima gol dari lima laga Liga Primer melawan Arsenal (tiga gol, dua assist).