PREVIEW Liga Primer Inggris: Chelsea – Everton

Setelah membuat repot tuan rumah Man City pekan lalu, kini Everton mengincar target serupa saat mengunjungi Stamford Bridge.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Kandidat pendobrak papan atas Liga Primer Inggris musim ini, Everton, akan kembali melakoni lawatan sulit pada pekan ini dengan menantang juara bertahan Chelsea di Stamford Bridge, Minggu (27/8) malam WIB.

Ini merupakan rangkaian kedua bagi Everton melawan tim-tim kelas berat yang telah dimulai pada pekan lalu di mana mereka mampu menahan imbang tuan rumah Manchester City 1-1. Setelah melawan City dan Chelsea, armada Ronald Koeman masih harus bersua Tottenham Hotspur dan Manchester United.

SIMAK JUGA: Everton Siap Dobrak Kemapanan The Big Six

Motivasi Everton saat ini sedang lumayan bagus setelah baru saja memastikan diri lolos ke fase grup Liga Europa dengan mengungguli Hajduk Split 3-1 secara agregat di babak play-off. Namun, tenaga yang terkuras sehabis perjalanan panjang dari Kroasia hingga badai cedera menjadi sejumlah isu yang harus diatasi Koeman demi menurunkan skuat yang kompetitif melawan Chelsea.

Koeman tentu tidak ingin kejadian musim lalu terulang. Seperti diketahui, The Toffees luluh lantak 5-0 di markas Chelsea sebelum kembali takluk 3-0 melawan tim yang sama di Goodison Park. Terlebih, Chelsea sedang menggeliat, mampu merespons kekalahan 3-2 dari Burnley di laga pembuka dengan kemenangan 2-1 atas Tottenham Hotspur di Wembley pekan lalu.

“Dalam situasi darurat atau sulit, kami bisa menang melawan tim seperti Tottenham. Kami sangat senang dengan semangat, keinginan yang kami tunjukkan. Kami mengirim pesan yang sangat bagus kepada diri kami sendiri,” kata manajer The Blues Antonio Conte dalam jumpa pers.

Chelsea EvertonMusim lalu, David Luiz cs. sukses hancurkan Everton 5-0 di Stamford Bridge.

“Penting untuk terus melanjutkan pekerjaan ini dan meningkatkan performa para pemain. Melawan Everton, kami harus memberi perhatian besar pada mereka. Koeman mampu membangun sebuah tim yang sangat kuat. Ini akan sulit bagi kami,” ujar Conte waspada.

Di laga ini, Conte sudah bisa memainkan Cesc Fabregas yang kembali dari suspensi, namun Gary Cahill masih diskors karena kartu merahnya melawan Burnley. Eden Hazard berpotensi melakoni comeback setelah terus menggenjot fisiknya dengan turun membela Chelsea U-23 pada Jumat (25/8).  

Sementara itu, Koeman memiliki opsi pemain yang terbatas. Idrissa Gueye dan Sandro Ramirez diragukan tampil, sementara Davy Klaassen, James McCarthy, Ramiro Funes Mori, Yannick Bolasie, Seamus Coleman, Ross Barkley dipastikan tak dibawa ke London karena masih dibekap cedera. Lebih lanjut, Morgan Schneiderlin juga harus absen lantaran suspensi kartu merah.

 

PRAKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

Chelsea (3-4-2-1): Courtois; Azpilicueta, David Luiz, Rudiger; Moses, Bakayoko, Kante, Alonso; Willian, Fabregas; Morata.

Everton (3-4-2-1): Pickford; Williams, Keane, Jagielka; Martina, Davies, Gueye, Davies; Calvert-Lewin, Sigurdsson; Rooney.

 

TAHUKAH ANDA?

  • Chelsea mampu menang tujuh kali dari sepuluh pertemuan terakhir kontra Everton di EPL (M7 S1 K2), termasuk menang kandang-tandang di musim lalu.
  • Chelsea tak terkalahkan dalam 22 laga kandang EPL melawan Everton. Hanya melawan Tottenham, catatan tak terkalahkan Chelsea di Stamford Bridge punya rekor lebih baik (25 kali).
  • Sejak 2011, Everton hanya sekali menang dari 40 partai tandang menghadapi tim enam besar (M1 S14 K25).
  • Namun, Everton cuma kalah sekali dalam 11 pertemuan terakhir melawan juara bertahan EPL (M6 S4 K1), yakni saat melawan Manchester City pada Desember 2014.
  • Wayne Rooney kini berpotensi mencetak tiga gol EPL secara beruntun, catatan yang terakhir kali diciptakannya pada Januari 2016.

 

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Chelsea 1-0 Everton