PREVIEW Liga Primer Inggris: Chelsea – Burnley

Sang juara bertahan tengah diliputi pesimisme dalam menatap musim baru, namun hadirnya Burnley di laga pembuka bisa meledakkan optimisme.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di Twitter


Kalau boleh jujur, target Chelsea untuk mempertahankan trofi Liga Primer Inggris di musim 2017/18 adalah target yang cukup ambisius. Bukan berarti menyangsikan kekuatan Chelsea, yang musim lalu secara luar biasa mencaplok 30 kemenangan dari 38 laga, namun karena kondisi internal tim yang belum ideal serta semakin kuatnya tim-tim rival.

Manajer Antonio Conte sendiri mengakui jika timnya akan kesulitan untuk mewujudkan ambisi tersebut. Menurutnya, ada tujuh tim — The Big Six plus Everton — yang berpotensi menjadi juara liga. Selain itu, Conte memperkirakan tim-tim lawan akan mengerahkan 120 persen setiap kali melawan Chelsea, termasuk Burnley, oponen mereka dalam duel pembuka musim di Stamford Bridge, Sabtu (12/8) malam WIB.

SIMAK JUGA: Selayang Pandang Liga Primer Inggris 2017/18

“Kami adalah juara bertahan. Lawan akan menghadapi kami dengan kekuatan 120 persen. Oleh karena itu, kami harus memperlakukan setiap laga dengan cara yang tepat. Saat ini, kami sedang bekerja sangat keras untuk meningkatkan diri. Ketika Anda memulai musim, penting untuk fokus pada diri sendiri,” kata Conte dalam jumpa pers jelang laga.

Conte dan pasukannya barangkali belum terlalu percaya diri menatap musim baru. Hasil pramusim yang mengecewakan dan skuat yang masih terlalu ramping (tim senior Chelsea hanya berisikan 19 pemain) menjadi dua penyebab utama. Tak hanya itu, memori buruk pada 2015 juga masih menghantui Gary Cahill dkk.

Berbicara mengenai faktor non-teknis, Burnley ternyata menghadirkan semacam jimat keberuntungan bagi Chelsea. Ada sebuah fakta menarik antara kedua tim, bahwasanya kehadiran Burnley di Liga Primer adalah pertanda baik bagi Chelsea. Dalam tiga musim ketika The Clarets berpartisipasi di kasta tertinggi sepakbola Inggris (2016/17, 2014/15, 2009/10), Chelsea selalu keluar menjadi kampiun di musim-musim tersebut!

Chelsea Burnley Premier LeagueBurnley jadi jimat keberuntungan untuk Chelsea.

Berhubung di musim 2017/18 tim asuhan Sean Dyche itu mampu mempertahankan status top flight, maka fans Chelsea tentu berharap jika Burnley kembali memberikan kemujuran bagi The Blues untuk mempertahankan singgasana mereka. Bagaimana pun juga, Conte tetap harus fokus dengan faktor teknis di laga ini.

Chelsea tidak akan bisa memainkan empat pemain mereka: Tiemoue Bakayoko dan Eden Hazard masih belum fit dari pemulihan cedera, Victor Moses terkena suspensi akibat kartu merah di final Piala FA musim lalu, sementara Pedro Rodriguez absen karena cedera engkel. Absensi Pedro dan Moses ini berpotensi membuat duo rekrutan anyar, Alvaro Morata dan Antonio Rudiger, melakoni debut di Liga Primer.

 

PRAKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

Chelsea (3-4-3): Courtois; Rudiger, Cahill, Luiz; Azpilicueta, Kante, Fabregas, Alonso; Willian, Batshuayi, Morata.

Burnley (4-4-2): Heaton; Lowton, Tarkowski, Mee, Ward; Arfield, Cork, Hendrick, Brady; Walters, Vokes

 

TAHUKAH ANDA?

  • Chelsea tak terkalahkan dalam enam pertemuan terakhir melawan Burnley di EPL (M4 S2 K0).
  • Chelsea adalah tim yang mengoleksi poin terbanyak sepanjang sejarah dalam laga pembuka EPL (54 poin). Chelsea juga tak pernah kalah di laga pembuka sejak 1998 (M15 S3 K0).
  • Dalam sejarah EPL, hanya sekali tim juara bertahan takluk di laga pembuka EPL, yakni Leicester City pada musim lalu (kalah kontra Hull City).
  • Sementara rekor Burnley di laga pembuka EPL terbilang buruk, yakni selalu kalah dalam tiga penampilan dan total hanya mencetak satu gol.
  • Sepanjang sejarah EPL, Chelsea tercatat sebagai tim dengan koleksi poin terbanyak di bulan Agustus, yakni 183 poin (M54 S21 K10).
  • Rekrutan anyar Chelsea Alvaro Morata adalah striker dengan konversi gol terbaik di La Liga Spanyol musim lalu (27,3 persen) dengan mencetak 15 gol dari 55 tembakan.

 

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Chelsea 2-0 Burnley