PREVIEW Liga Primer Inggris: Brighton & Hove Albion – Manchester City

Tim promosi Liga Primer tersebut akan menjadi tantangan pertama The Citizens dalam memulai kampanye musim baru.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Atmosfer positif menaungi Manchester City jelang melakoni partai perdana Liga Primer Inggris musim 2017/18 di kandang tim promosi, Brighton & Hove Albion, Sabtu (12/8) malam WIB.

The Citizens mencatatkan rekor impresif selama sesi pramusim terutama di pentas International Champions Cup (ICC) yang berlangsung di Amerika Serikat bulan kemarin. Terlepas dari kekalahan 2-0 dari Manchester United, City sukses menang telak 4-1 atas Real Madrid dan menghajar Tottenham Hotspur 3-0. City menutup pramusim juga dengan kemenangan 3-0 atas West Ham United dalam uji coba di Islandia.

Rapor bagus City tersebut tak lepas dari aktivitas belanja besar yang dilakukan sepanjang musim panas ini. Investasi lebih dari £200 juta digelontorkann demi memperbaiki kinerja tim musim lalu di bawah arahan Pep Guardiola yang sama sekali tak mampu meraih trofi juara.

Dari sejumlah rekrutan anyar, Kyle Walker, Danilo dan Ederson Moraes diperkirakan akan langsung melakoni debut. Sementara eks duo AS Monaco, Bernardo Silva kemungkinan akan memulai laga dari bangku cadangan lantaran kebugaran fisiknya belum mencapai batas minimal tim. Sedangkan Benjamin Mendy bakal absen karena masih berkutat dengan cedera paha.

Pep Guardiola Manchester City

“Semoga musim depan saya masih tetap akan berada di sini. Jika demikian, maka kami tak akan membelanjakan dana seperti saat ini, saya bisa yakinkan itu,” ujar Guardiola saat ditanya soal masa depan timnya setelah keinginannya membeli banyak pemain sesuai kebutuhan terpenuhi.

Sementara itu di sisi lain, Brighton menatap laga ini dengan reputasi sebaliknya. Klub asuhan Chris Hughton tersebut datang ke Liga Primer dengan status sebagai tim promosi setelah menyudahi perjuangan mereka di kompetisi Divisi Championship musim lalu sebagai runner-up.

Meski jumlahnya tak sebesar City, pergerakan transfer The Seagulls guna menambah kekuatan tim juga cukup banyak. Yang termahal adalah ketika merekrut Davy Propper dari PSV Eindhoven senilai £10 juta. Selain gelandang asal Belanda itu, sejumlah rekrutan anyar lainnya seperti Mat Ryan, Pascal Gross dan Markus Suttner juga berpeluang langsung melakoni debut di Liga Primer.

Absennya Beram Kayal akan menjadi kehilangan terbesar bagi Brighton di awal musim ini. Meski begitu, Hughton sudah menyiapkan stretagi khusus guna meredam agresivitas City yang diakuinya memang punya catatan impresif selama pramusim.

“Mereka tampil luar biasa selama pramusim dan jika kita melihat semangat dan mentalitas yang sudah menyatu, maka itu telah mereka tunjukkan,” ungkap Hughton. “Mereka pasti akan memiliki penguasaan bola lebih tinggi ketimbang kami, laga yang sulit tapi kami harus bisa menghadapinya.”

PRAKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

Brighton & Hove Albion (4-4-2): Ryan; Suttner, Dunk, Duffy, Bruni; Knockaert, Stephens, Propper, Brown; Gross, Hemed.

Manchester City (3-4-1-2): Ederson; Walker, Danilo, Yaya Toure, David Silva; De Bruyne; Aguero, Gabriel Jesus.

 

TAHUKAH ANDA?

  • Laga kandang terakhir Brighton di kasta tertinggi adalah kekalahan 1-0 dari Manchester City pada 7 Mei 1983.
  • Pertemuan terakhir kedua tim di pentas liga terjadi pada 1 April 1989, saat itu Brighton menang di Goldstone Ground dalam gelaran divisi dua lama.
  • Brighton pernah menyingkirkan City dari kancah Piala Liga pada 2008 lalu setelah bermain imbang 2-2 di Withdean Stadium.
  • Musim 1980/81 adalah saat terakhir kali bagi Brighton mentas di kasta tertinggi, waktu itu mereka menang 2-0 atas Wolverhampton Wanderers.
  • City sukses mencatatkan 12 kemenangan tandang di Liga Primer musim lalu, jumlah terbanyak dibandingkan dengan kontestan lain.
  • City selalu memenangkan seuruh laga perdana dalam enam musim terkahir, dengan Sergio Aguero mengemas lima gol dari total jumlah laga tersebut.

 

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Brighton 0-2 Manchester City