PREVIEW Liga Primer Inggris: Arsenal – Leicester City

Pertama kalinya sejak 1996, Arsenal membuka musim baru bukan sebagai kontestan Liga Champions, tapi mereka punya rekor menawan melawan Leicester City.


OLEH   ANUGERAH PAMUJI     Ikuti di twitter


 

Arsenal membuka musim baru Liga Primer Inggris 2017/18 dengan situasi yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Pasalnya, The Gunners , untuk pertama kalinya sejak 1996, bakalan tak lagi berkancah di Liga Champions alias memulai petualangan baru di kasta kedua, Liga Europa.

Kendati demikian, absensi klub London Utara di ajang nomor satu kompetisi Eropa itu boleh jadi bakal menurunkan sedikit tekanan moril untuk lantas berkonsentrasi meraih sesuatu di EPL. Jawara Inggris 2015/16 Leicester City akan menantang Arsenal di pekan pembuka, Sabtu [12/8] dinihari WIB nanti.

Perekrutan Sead Kolasinac dan striker top Prancis Alexandre Lacazette menunjukkan betapa manajer Arsene Wenger serius menatap musim baru dengan raihan prestasi, yang telah diidam-idamkan publik London Utara selama nyaris dua dekade.

Bagi Wenger, tiga poin di laga perdana melawan The Foxes tak serta dapat menjadi tolok ukur kesiapan untuk berbicara banyak dalam perjalanan panjang mengarungi periode 2017/18, tapi start positif setidaknya memberi suntikan kepercayaan diri.

“Menetapkan target itu perkara yang sulit. Anda bisa mewawancarai tujuh sampai delapan manajer Liga Primer yang akan memberitahu Anda bahwa mereka ingin menjuarai liga dan mereka sangat ambisius,” papar Wenger kepada jurnalis.

“Mari fokus pada diri kami saja, pada kualitas kami dan mari menghadapi pertandingan dengan tekad memenangkan setiap pertandingan. Seberapa kuat tim-tim lain sangat sulit untuk diprediksi karena beberapa dari mereka sangat aktif di bursa transfer.”

SIMAK JUGA: Arsene Wenger: Alexis Sanchez Akan Absen Bela Arsenal Untuk Sementara Waktu

Di kubu Leicester, anak-anak Craig Shakespeare bisa dikatakan sedang terganggu dengan rumor transfer Riyad Mahrez jelang bentrok dengan Arsenal. Superstar mereka itu berkali-kali dikaitkan dengan pintu Emirates dan AS Roma.

Meski begitu, Shakespeare berusaha untuk mencairkan suasana di King Power Stadium. Dia mengharapkan, pemain Aljazair itu tetap memberikan penampilan terbaiknya di laga pembuka sekali pun namanya santer dikait-kaitkan dengan klub lain.

“Dia sudah fokus dan terarah. Dia tidak memberi saya satu masalah. Sampai kami menerima sebuah penawaran yang cocok bagi Leicester lalu dia bertahan, dan apabila dia tetap fokus, dia akan dipertimbangkan untuk seleksi [laga kontra Arsenal],” ujar Shakespeare.

“Itu tergantung pandangan Anda [terkait loyalitas Mahrez]. Tapi, apa yang Anda inginkan dan apa yang saya lihat darinya, dia fokus dan punya sikap profesional.”

Leicester menyimpan catatan kelam dalam lawatannya ke markas Arsenal. Kali terakhir The Foxes menundukkan Meriam London di kasta teratas pada September 1973 dengan skor 2-0. Selebihnya, Leicester tak pernah bisa mengalahkan Arsenal dalam 21 perjumpaan di liga, 14 di antaranya berakhir kekalahan.

Wenger kemungkinan besar akan langsung menurunkan dua pilar anyarnya, Lacazette dan Kolasinac, secara bersamaan. Namun superstar Alexis Sanchez mesti ditepikan akibat masalah pada perutnya.

Ada pun duo Jerman, Per Mertesacker dan Mesut Ozil, serta Aaron Ramsey, kebugarannya diragukan. Sementara Laurent Koscielny akan menjalani hukuman pertandingan.

Di pihak Leicester, mereka bakal kehilangan Danny Drinkwater dan Vicente Iborra karena cedera otot. Sementara Robert Huth dalam proses penyembuhan pasca-operasi ankle dan akan digantikan pemain baru Harry Maguire.

Kelechi Iheanacho tampaknya dipersiapkan untuk melakoni debut. Demikian pula Mahrez, yang diyakini akan dipasang Shakespeare meski tengah dikitari spekulasi transfer.

Prakiraan Susunan Pemain

Arsenal [3-4-2-1]: Cech; Mustafi, Mertesacker, Monreal; Bellerin, Xhaka, Elneny, Kolasinac; Welbeck, Iwobi; Lacazette

Leicester City [4-4-2]: Schmeichel; Simpson, Maguire, Morgan, Fuchs; Mahrez, Ndidi, Amartey, Gray; Iheanacho, Vardy

DATA & FAKTA

  • The Gunners memenangkan laga pembuka di Liga Primer hanya sekali dalam tujuh musim [seri 3, kalah 3], dan memulai kampanye liga dengan menelan kekalahan di dua musim sebelumnya.
  • Skuat Arsene Wenger mengakhiri musim lalu dengan tujuh kemenangan beruntun liga. Terakhir kali meraup enam kemenangan beruntun antara Agustus dan Oktober 2016.
  • Arsenal tak pernah kalah di laga Liga Primer yang digelar hari Jumat, memenangkan enam dari tujuh pertandingan. Kali terakhir mereka kalah di hari Jumat, terjadi saat bentrok dengan Watford, April 1988.
  • Rekor baru! Ini akan jadi musim ke-22 Arsene Wenger di Liga Primer sebagai manajer.
  • Alexandre Lacazette tak tertandingi dengan mencetak 91 gol di Ligue 1 Prancis dalam empat musim terakhir. 
  • The Foxes memenangkan laga pembuka mereka hanya sekali dalam delapa musim Liga Primer terakhir. Satu-satunya kemenangan itu direngkuh saat mereka melalui musim kampiun di 2015/16 dengan menumbangkan Sunderland 4-2.
  • Leicester membuka liga dengan kemenangan tandang hanya dua kali dalam sejarah mereka berada di kasta teratas: dua kali mengalahkan Aston Villa 3-0 [1927/28] dan 3-2 [1933/34].
  • Tiga gol terakhir Leicester ke gawang Arsenal semuanya berasal dari sentuhan Jamie Vardy. Namun tidak berakhir kemenangan bagi timnya.
  • Craig Shakespeare memenangkan lima laga pertama liga sebagai manajer baru Leicester, tapi setelahnya dia hanya meraup dua tripoin dalam delapan pertandingan [seri 2, kalah 4].

Prediksi Goal Indonesia

Arsenal 2-0 Leicester City