PREVIEW La Liga Spanyol: Deportivo Alaves – Barcelona

Lawan Barcelona di final Copa del Rey musim lalu itu punya potensi untuk hadirkan kejutan, di tengah krisis sang lawan.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Duel sulit diprediksi bakal dilakoni Barcelona dalam lawatannya ke markas Deportivo Alaves, pada jornada dua La Liga Spanyol, Sabtu (26/8) malam WIB.

Di atas kertas, Barca memang unggul segalanya atas Alaves. Namun jangan lupa bahwa Il Glorioso merupakan satu-satunya tim yang sanggup kalahkan Blaugrana di Camp Nou pada semua kompetisi musim lalu.

Alaves juga secara luar biasa berhasil menembus final Copa del Rey musim lalu, meski akhirnya kalah 3-1 dari Barca. Jadi sederhananya mereka bukanlah lawan yang pantas dianggap remeh, meski medioker melihat segala atributnya.

Apalagi situasi Barca juga sedang tidak bagus. Atmosfer skuat masih belum kondusif usai kepergian Neymar dan kekalahan dari Real Madrid di Piala Super Spanyol 2017. Mereka juga membuka La Liga musim ini dengan buruk, meski tetap raih kemenangan 2-0 atas Real Betis.

2017-08-25-messi.jpg

Messi punya tanggung jawab lebih besar

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Deportivo Aleves Kontra Barcelona

Segalanya diperparah dengan cederanya sang ujung tombak, Luis Suarez, untuk satu bulan ke depan. Kapten Barca, Andres Iniesta, juga masih belum bisa diturunkan karena kasus yang sama walau sudah kembali berlatih.

Rekrutan anyar bernilai fantastis yang diproyeksikan jadi pengganti Neymar, Ousmane Dembele, juga urung langsung diturunkan karena baru tiba. Jika sudah begini tak heran bila magis sang bintang utama, Lionel Messi, kembali jadi tumpuan.

Terutama di lini depan, Messi harus membuat pemain-pemain yang biasa jadi pelapis seperti Paco Alcacer, Gerard Deulofeu, atau Arda Turan, lebih cair dengan permainan Barca dan sanggup mengeluarkan potensi terbaiknya.

Bentrok ini diprediksi bakal menyulitkan Barca. Meski begitu kemenangan tetap mampu diraih, meski lewat skor yang tipis.

Prakiraan Formasi:

Deportivo Alaves (4-2-3-1): Pacheco; Vigaray, Ely, Ruano, Hernandez; Pina, Garcia; Gomez, Romero, Burugui; Sobrino.

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Semedo, Pique, Umtiti, Alba; Gomes Busquets, Rakitic; Doulofeu, Alcacer, Messi.

Prediksi Goal Indonesia: Deportivo Alaves 1-2 Barcelona

TAHUKAH ANDA

  • Alaves jadi satu-satunya tim yang sanggup mengalahkan Barcelona di Camp Nou pada semua kompetisi musim lalu.

  • Barca dan Alaves merupakan finalis Copa del Rey musim lalu. Blaugrana keluar sebagai kampiun, lewat skor 3-1.

  • Barca dalam rentetan delapan kemenangan beruntun di La Liga. Catatan kemenangan terpanjang sebuah tim di La Liga saat ini,

  • Satu gol lagi, Lionel Messi bakal torehkan 350 gol di La Liga. Catatannya hanya kalah dari Gerd Muller, yang mengoleksi 365 gol.

  • Pelatih Barca, Ernesto Valverde, akan jalani laga ke-350 di La Liga. Jumlah itu menjadikannya sosok paling senior, di antara pelatih lain di La Liga musim ini.

  • Rekor Valverde selama di La Liga sendiri adalah 148 kali menang dan 115 kali kalah. Dia punya persentase 42 persen raih kemenangan.