PREVIEW La Liga Spanyol: Barcelona – Real Betis

Dalam kondisi yang masih belum stabil di segala sisi, Barcelona diharamkan terpeleset dalam duel pembuka La Liga Spanyol hadapi Real Betis.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Barcelona bakal menjamu Real Betis di Camp Nou, pada jornada pembuka La Liga Spanyol musim 2017/18, Senin (21/8)) dini hari WIB.

Partai yang terbilang mudah bagi Barca, menilik level sang lawan yang berada jauh di bawah. Blaugrana bahkan memetik sepuluh kemenangan tanpa pernah kalah dari 12 pertemuan terakhir hadapi Betis.

Meski begitu Barca jelas tak bisa memandang remeh partai ini, karena faktanya mereka tengah dalam kondisi krisis. Situasi itu terpapar jelas dalam kekalahan 5-1 secara agregat dari rivalnya, Real Madrid, di Piala Super Spanyol 2017.

Komposisi pemain yang dimiliki Barca saat ini dituding sebagai penyebab utamanya. Tak ada perubahan berarti sejak 2015, mereka justru harus kehilangan Neymar di bursa musim panas ini. Dampaknya terbilang sangat besar, terutama pada daya gedor tim.

Situasi itu dipahami benar oleh bek senior Barca, Gerard Pique, yang mulai khawatir dengan masa depan timnya musim ini. “Kami tidak sedang berada dalam momen terbaik kami. Kami semua mesti merapat, bersama, dan bersatu. Duel pembuka hadapi Betis bisa jadi titik balik,” seru pemain 30 tahun itu, seperti dikutip Marca.

Lionel Messi Barcelona

Messi diharapkan pimpin Barca keluar dari krisis

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Barcelona Kontra Real Betis

Formasi andalan 4-3-3 diprediksi akan kembali diterapkan Ernesto Valverde. Pelatih baru Barca itu memang sempat bereksperimen dengan skema 3-5-2, tapi hasilnya tidak bisa dibilang bagus.

Fokus utama bakal terletak di sektor bek kanan, gelandang serang, dan winger kiri. Posisi tersebut memang sudah ditambal dengan pemain baru pada bursa musim panas ini, tapi masih dipandang sebagai sektor terlemah Azulgrana.

Salah satu pemain yang paling dinantikan performanya adalah rekrutan terbaru Barca, Paulinho. Peluangnya untuk tampil tergolong besar, menilik cederanya Andres Iniesta dan inkonsistensi yang ditunjukkan Andre Gomes serta Ivan Rakitic di lini tengah.

Namun sorotan utama tetap layak ditujukan pada wakil kapten, Lionel Messi. Pecinta Catalunya tentu sangat berharap pemain terbaik dunia lima kali itu sanggup mengeluarkan magisnya, untuk pimpin Barca keluar dari krisis.

Sulit bagi Betis untuk bisa mencuri poin dari Camp Nou meski hanya sebiji. Barca sangat diunggulkan untuk menang karena jika sampai gagal, tekanan terhadap mereka bakal semakin besar.

Prakiraan Formasi:

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Roberto, Pique, Umtiti, Alba; Gomes Busquets, Rakitic; Messi, Suarez, Deulofeu.

Real Betis (4-3-3): Adan; Barragan, Feddal, Mandi. Durmisi; Camarasa, Guardado, Barasanac; Joaquin, Leon, Leiva.

Prediksi Goal Indonesia: Barcelona 3-1 Real Betis

TAHUKAH ANDA

  • Barca tak terkalahkan dalam 12 pertemuan terakhir hadapi Betis (10 menang, 2 imbang). Kemenangan terakhir Betis sendiri terdi pada Maret 2008 silam.

  • Betis tak pernah menang dalam 15 lawatan terakhirnya ke Camp Nou (13 kalah, 2 imbang). Kemenangan tandang terakhir mereka atas Barca terjadi pada Mei 1998 silam.

  • Barca hanya pernah kalah sekali di laga pembuka La Liga, jika bermain di markasnya sendiri. Itu terjadi pada 1939 silam, selebihnya mereka tak terkalahkan dalam 42 partai.

  • Betis hanya sanggup menang dua kali dalam 11 laga pembuka terakhir mereka di La Liga (3 imbang, 6 kalah). Namun semua kemenangan itu dipetik dalam duel tandang.

  • Barca selalu menang dalam 12 partai terakhirnya di Camp Nou dalam ajang La Liga. Sepanjang periode itu mereka menceploskan 50 gol dan cuma kebobolan 11 gol.