PREVIEW Community Shield 2017: Arsenal – Chelsea

Dalam rentang waktu 70 hari, dua klub kelas berat asal London ini bakal saling bentrok untuk yang kali ketiga.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di Twitter


Lawan familier. Itulah tajuk yang tepat untuk menggambarkan pertemuan antara Arsenal dan Chelsea di Community Shield 2017 di Wembley, Minggu (6/8) malam WIB.

Arsenal dan Chelsea memang sudah biasa bentrok tiap musim di Liga Primer Inggris, namun dua klub London itu tidak pernah saling berhadapan begitu sering seperti di periode musim panas ini. Setelah Arsenal menjungkalkan Chelsea 2-1 di final Piala FA pada 27 Mei lalu, giliran The Blues yang menggasak The Gunners 3-0 dalam pramusim di Beijing dua pekan lalu.  

Rentang waktu yang begitu dekat itu membuat kedua manajer dan kedua tim sudah hapal dengan kekuatan dan kelemahan lawan. Bos Arsenal Arsene Wenger, misalnya, menyebut jika Chelsea musim lalu dengan Chelsea musim ini adalah tim yang relatif sama.

SIMAK JUGA: Wenger: Maaf Saya Masih Berada Di Arsenal

Kehilangan Nemanja Matic dan disingkirkannya Diego Costa, menurut Wenger, tidak akan membuat skuat Antonio Conte melemah. Terlebih, Chelsea sudah mendapatkan penggantinya dalam diri Tiemoue Bakayoko dan Alvaro Morata.

“Chelsea mampu mempertahankan 95 persen basis skuatnya. Mereka tentu akan kembali berjuang untuk meraih gelar. Bagi kami, laga ini adalah kesempatan bagus untuk mengulangi performa di final Piala FA,” kata Wenger seperti dikutip BBC Sport.

Wenger boleh optimistis untuk menjuarai ajang ini, namun ia masih direpotkan soal apakah Alexis Sanchez akan diturunkan di laga ini. Seperti diketahui, penyerang Cile itu sudah kembali berlatih pada awal pekan ini di tengah isu kepergiannya. Sanchez, bersama bek Shkodran Mustafi, memang melewatkan pramusim setelah keduanya sama-sama tampil di Piala Konfederasi.

Duo rekrutan anyar musim panas, Alexandre Lacazette dan Sead Kolasinac, diperkirakan bakal turun starter, namun Arsenal tidak akan diperkuat oleh Francis Coquelin, Gabriel Paulista, dan Jack Wilshere akibat belum pulih dari cedera.

Cesc Fabregas Chelsea Danny Welbeck ArsenalChelsea-Arsenal sudah saling jajal kemampuan dalam pramusim di Tiongkok

Sementara itu, absensi Chelsea hanya sebatas Eden Hazard dan Bakayoko yang masih dalam masa pemulihan operasi cedera engkel dan lutut. Dengan demikian, Morata berpeluang tampil di sisi penyerang kiri untuk mendampingi Michy Batshuayi sebagai ujung tombak.

Kampiun Liga Primer 2016/17 itu sebetulnya berada dalam motivasi yang kurang maksimal setelah menjalani pramusim mengecweakan di Singapura, namun Conte tetap optimistis timnya bisa membuka musim baru dengan sebuah kemenangan dan trofi.

“Laga uji coba telah selesai. Ini akan menjadi laga kompetitif pertama di musim ini sekaligus memperebutkan trofi pertama. Arsenal adalah tim yang sangat kuat dan ini akan menjadi laga yang sulit, namun kami ingin memulai musim ini dengan kemenangan,” seru Conte.

 

PRAKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

Arsenal (3-4-3): Cech; Holding, Mertesacker, Koscielny; Bellerin, Xhaka, Ramsey, Kolasinac; Ozil, Welbeck, Lacazette

Chelsea (3-4-3): Courtois; Azpilicueta, Luiz, Cahill; Moses, Kante, Fabregas, Alonso; Willian, Batshuayi, Morata

 

TAHUKAH ANDA?

  • Dalam tiga edisi Community Shield terakhir, pemenang Piala FA selalu berhasil menjadi juara ajang ini, yakni Arsenal (2014, 2015) dan Manchester United (2016).   
  • Ini akan menjadi pertemuan ketiga antara Chelsea and Arsenal di Community Shield. Chelsea menang di edisi 2005, sedangkan Arsenal menjadi juara pada 2015.
  • Chelsea sudah empat kali memenangi empat Community Shield, sedangkan Arsenal 15 kali. Manchester United tercatat sebagai pemenang terbanyak ajang ini (21 kali).
  • Chelsea selalu kalah dalam tiga penampilan terakhir mereka di Community Shield: 2010 vs Man United, 2012 vs Man City, dan 2015 vs Arsenal.
  • Alexis Sanchez selalu menang dalam enam penampilannya di Wembley Stadium bersama Arsenal maupun timnas Cile. Ia total sudah mengemas tujuh gol dan hanya gagal mencetak gol di satu laga, yakni saat Arsenal menggasak Man City 3-0 di Community Shield 2014.

 

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Arsenal 2-1 Chelsea