PREVIEW Bundesliga Jerman: Bayern Munich – Bayer Leverkusen

Sang juara bertahan kehilangan enam penggawa untuk pertandingan pembuka Bundesliga menghadapi Bayer Leverkusen.


OLEH   DEDE SUGITA     Ikuti di twitter


Berjarak 90 hari dari laga pekan terakhir musim lalu, perhelatan Bundesliga 2017/18 dimulai pada Jumat (18/8) malam waktu setempat dengan mengetengahkan pertandingan antara juara bertahan Bayern Munich dan Bayer Leverkusen.

Bayern, yang meraja tanpa putus dalam setengah dekade ke belakang, kembali tampil sebagai favorit terkuat untuk sekali lagi mengangkat trofi dan melanggengkan dominasi di tanah Jerman.

Pramusim jeblok tidak meredupkan optimisme di Sabener Strasse untuk menghadapi partai Spieltag 1. Die Roten kalah lima kali dalam enam pertandingan eksebisi di kancah International Champions Cup dan Audi Cup, tapi mampu berjaya di lakon kompetitif perdana dengan mengalahkan Borussia Dortmund lewat adu penalti di Piala Super Jerman, sebelum menumpas klub divisi III Chemnitzer FC 5-0 di putaran awal DFB-Pokal.

JADWAL PEKAN PERTAMA BUNDESLIGA 2017/18

“Pertandingan pertama selalu sulit, tapi saya pikir kami siap untuk pertandingan ini, dan saya harap kami akan menampilkan performa bagus,” tegas pelatih Carlo Ancelotti dilansir laman resmi Bayern.

Don Carletto harus kehilangan enam penggawanya untuk laga ini. Manuel Neuer, Thiago Alcantara, Javi Martinez, Jerome Boateng, Juan Bernat, serta rekrutan baru James Rodriguez semuanya berhalangan karena cedera.

Meski begitu, stok pemain berkualitas Bayern masih cukup banyak untuk mengkover mereka yang absen. Besar kemungkinan duo anyar dari Hoffenheim, Niklas Sule dan Sebastian Rudy, plus pemain termahal klub Corentin Tolisso bakal langsung melakukan debut liga untuk Si Merah dalam duel ini.

James Rodriguez Corentin Tolisso Bayern München Bundesliga 0717Sementara James harus absen, Tolisso siap melakoni debutnya di Bundesliga

Leverkusen biasanya menjadi lawan berat untuk Bayern, namun Die Werkself kehilangan status sebagai tim papan atas setelah hanya finis di peringkat ke-12 musim lalu.

Di atas kertas kekuatan kubu tamu juga menurun seturut kepergian tiga pemain kunci dalam diri Hakan Calhanoglu, Javier “Chicharito” Hernandez, dan Omer Toprak di bursa musim panas, tapi mereka merampungkan pembelian yang cukup bagus dengan mengangkut Sven Bender dan Dominik Kohr. Saudara kembar Sven, Lars Bender, sayangnya mesti melewatkan duel ini akibat problem lutut.

Leverkusen mengangkat Heiko Herrlich sebagai nakhoda anyar musim ini setelah Tayfun Korkut gagal menghadirkan perbaikan signifikan menyusul pemecatan Roger Schmidt di pertengahan kampanye lalu. Ini merupakan langkah berani dan berisiko tinggi mengingat mantan striker yang empat tahun berbaju Die Werkself sebagai pemain itu masih minim pengalaman melatih di level top.

Namun, Ancelotti enggan memandang sebelah mata sang lawan dan mengusung kewaspadaan menghadapi perubahan yang dihadirkan Herrlich. “Mereka memiliki filosofi bermain yang baru. Sebelumnya mereka bermain sangat agresif,” tuturnya dalam konferensi pers.