Pep Guardiola Terapkan Kebijakan Rotasi Lini Tengah

Kebijakan rotasi harus dilakukan Guardiola karena The Citizens punya kedalaman lini tengah yang mengesankan.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Pep Guardiola menekankan akan melakukan kebijakan rotasi lini tengah Manchester City dan semua gelandang harus mematuhinya.

David Silva dan Kevin De Bruyne tampil berdampingan di laga pembuka Liga Primer Inggris musim ini dan menjadi inspirator kemenangan The Citizens 2-0 di kandang tim promosi Brighton and Hove Albion.

Dua pemain bertipe menyerang tersebut didukung Fernandinho yang menjaga kedalaman. Sementara Yaya Toure, Raheem Sterling, Leroy Sane dan rekrutan anyar Bernardo Silva memulai laga dari bangku cadangan.

Dengan komposisi gelandang yang ada saat ini membuat Guardiola optimistis City bisa menghindari kampanye buruk tanpa trofi musim lalu, namun sang manajer juga meminta agar para pemainnya bersabar dengan kebijakan rotasi.

Pep Guardiola: Belanja Raksasa Manchester City Bukan Rutinitas

“Jika mereka tidak sedikit bermurah hati maka semuanya akan menjadi sulit. Ada banyak pertandingan yang dihadapi dan semua [gelandang] akan bermain,” ungkap Guardiola kepada reporter.

“Jika Anda ingin bermain dengan cara tertentu yang saya inginkan, untuk memonopoli bola, maka Anda butuh banyak talenta dan kami punya itu. Deretan gelandang kami sangat bagus.”

“Yaya, contohnya tidak bermain karena Fernandinho, tapi [Ilkay] Gundogan akan segera kembali. Juga dengan Kevin [De Bruyne], [David] Silva dan Bernadro [Silva]. Rash [Sterling] juga bisa bermain di posisi itu. Ada lagi Phil Foden yang tampil gemilang selama pramusim.”

“Mereka semua punya kualitas yang bagus. Ketika seorang pemain menguasai bola dan tidak kehilangan bola saya sangat suka. Mereka menjalankannya dengan baik dan semuanya akan bermain.”

“Musim kemarin saya juga melakukan rotasi dan akan terjadi lagi musim ini. Semuanya bergantung pada mereka, apakah mau menerima keputusan saya atau tidak,” imbuh sang manajer.

“Jika mereka tidak mau menerimanya maka akan menjadi masalah bagi mereka sendiri, bukan saya.”