Pengusaha Tiongkok Akuisisi Saham Mayoritas Southampton

The Saints memasuki babak baru dalam petualangan di Liga Primer dengan masuknya investor asal Tiongkok.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Pebisnis kaya asal Tiongkok, Gao Jisheng resmi mengakuisisi sebagian besar saham Southampton atau tepatnya 80 persen dari total keseluruhan yang dimiliki klub Liga Primer Inggris tersebut.

Kesepakatan soal pengambil alihan saham ini sebenarnya sudah muncul sejak Januari lalu, hanya saja proses peresmian masuknya pimpinan perusahaan Lander Sports Development tersebut baru dilakukan pada musim panas ini.

Gao mengucurkan dana tak kurang dari £200 juta guna melakukan investasi di St Mary’s Stadium. Sementara 20 persen saham sisanya masih dipegang oleh Katharina Liebherr selaku pemilik lama yang menerima warisan dari Markus, ayahnya pada 2010 lalu ketika klub masih di League One (kasta ketiga).

Mauricio Pellegrino Targetkan Perbaikan Di Southampton

“Saya bangga bisa menjadi rekan bisnis Southampton bersama dengan Katharina Liebherr, yang bersama dengan ayahnya, sudah menjadi pelayan klub yang hebat, berkembang dan begitu sukses,” demikian bunyi pernyataan resmi pihak Lander Sports seperti yang diterima Goal China.

“Bersama, kami memiliki gairah dan motivasi untuk membangun Southampton dengan kemajuan yang hebat dalam beberapa tahun ke depan, dengan kami menantikan babak baru yang mengesankan bagi klub ini.”

Invansi pengusaha Tiongkok sudah merambah sepakbola Inggris dalam beberapa tahun terakhir. Sederet klub seperti Aston Villa, Birmingham City, Wolverhampton Wanderers, Reading dan West Bromwich Albion juga mendapat dukungan dari investor asal Asia Timur tersebut.