Pemain #GantengMaksimal Indonesia – Vietnam: Andy Setyo Nugroho

Ketangguhan Andy Setyo Nugroho di lini belakang mengamankan poin penting Indonesia.


OLEH   AGUNG HARSYA     Ikuti @agungharsya di twitter


Andy Setyo Nugroho menjawab kepercayaan tampil untuk kali pertama sebagai pemain inti pada SEA Games 2017 dengan membantu Indonesia meraih satu poin atas Vietnam, Selasa (22/8) malam.

Hasil pertandingan ini sangat penting bagi Indonesia guna mempertahankan peluang lolos ke babak semi-final. Tampil tanpa diperkuat Evan Dimas yang terkena sanksi akumulasi kartu kuning, Indonesia terus ditekan Vietnam sepanjang laga. Apalagi, Hanif Sjahbandi menerima kartu kuning kedua pada menit ke-64.

Namun, Vietnam tak mampu merobohkan ketangguhan pertahanan Indonesia. Andy bahu membahu bersama Hansamu Yama dan Satria Tama dalam membendung serangan lawan. Kurniawan Kartika Ajie, yang menggantikan Satria akibat cedera, juga tampil gemilang dengan melakukan penyelamatan vital pada akhir laga.

Dengan segala hormat atas penampilan heroik Hansamu, Satria, dan Kurniawan, hanya ada satu pemain #GantengMaksimal untuk pertandingan kali ini dan redaksi Goal Indonesia memilih Andy.

Andy melakukan sembilan kali sapuan, 83 persen akurasi tekel, dan 87 persen akurasi umpan. Ini menjadi catatan terbaik melebihi penampilan Hansamu, yang “hanya” unggul jumlah sapuan (12), 50 persen akurasi tekel, dan 80 persen akurasi tekel.

Penampilan baik Andy sekaligus memberikan pelatih Luis Milla tambahan opsi di lini belakang. Pada tiga pertandingan terdahulu, posisi inti selalu diberikan kepada Ricky Fajrin. Catatan positif yang diukir Andy meningkatkan persaingan perebutan posisi di lini pertahanan pada laga berikutnya.

Indonesia akan menghadapi Kamboja di Stadion Shah Alam pada laga pamungkas Grup B, Kamis lusa.