Patrick Vieira Sarankan Arsenal Gunakan Taktik Jose Mourinho

Mantan kapten Arsenal itu berpendapat bermain layaknya tim asuhan Jose Mourinho bisa membantu The Gunners bangkit.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI 


Patrick Vieira ingin melihat Arsenal mengadopsi taktik yang diterapkan oleh manajer Manchester United Jose Mourinho, menurutnya mantan klubnya itu harus bermain dengan lebih mengedepankan kekuatan fisik usai menjalani awal buruk di Liga Primer Inggris musim ini.

Arsenal takluk 4-0 dari Liverpool pada Minggu (27/8), kekalahan keduanya secara beruntun di Liga Primer setelah takluk 1-0 di kandang Stoke City, tekanan pun kembali meningkat bagi manajer The Gunners Arsene Wenger.

Klub asal London itu juga kebobolan tiga gol dalam laga pembukanya musim ini, meski mereka mampu menang 4-3 atas Leicester City di Emirates Stadium.

Mesut Ozil Arsenal Liverpool Aug 2017

SIMAK JUGA – Laporan Pertandingan: Liverpool 4-0 Arsenal

Meski sepakbola menyerang Arsenal indah untuk dilihat, sang mantan kapten Vieira – yang kini merupakan pelatih klub MLS New York City – percaya Wenger harus membuat timnya bermain lebih disiplin lagi.

“Apakah saya suka tim saya bermain lebih seperti tim asuhan Jose atau tim Arsene? Saya ingin keseimbangan dari keduanya,” kata Vieira kepada Daily Mail.

“Saya suka melihat tim saya punya kedisiplinan yang Jose miliki tapi juga mengizinkan para pemain mengekspresikan dirinya seperti yang Arsene terapkan. Arsene selalu memberikan kebebasan kepada para pemainnya. Untuk memiliki kebebasan adalah hal bagus tapi jika Anda bisa melakukan itu dengan menghormati aspek taktik dalam permainan itu akan menjadi lebih baik lagi.”

“Ketika Anda berbicara tentang Jose yang pernah melatih saya di Inter Milan, dia selalu fokus pada hal detail, memberikan para pemain informasi yang membuat mereka masuk ke lapangan dan menghormati permainan taktis.”

SIMAK JUGA: Catatan Buruk Arsenal Lawan Liverpool

Patrick Vieira MLS NYCFC 06212017

“Sementara Arsene selalu positif dan memberikan kepercayaan kepada para pemainnya apa pun kondisinya.”

“Fabio Capello bisa sangat keras kepada para pemainnya. Roberto Mancini bisa membahas taktik selama satu setengah jam karena permainan taktis sangat penting baginya. Jadi saya mempelajari beberapa hal dari semuanya dan mencoba menggunakan itu sesuai dengan bagaimana saya melihat permainan dan juga sikap saya.”

“Jika Anda melihat Arsenal bermain saat ini, saya sang menikmati permainan mereka, mereka memainkan sepakbola yang sangat bagus,” tambah Vieira, yang tiga kali menjuarai Liga Primer bersama Arsenal.

SIMAK JUGA: Martin Keown: Arsenal Krisis!

Patrick Vieira | Arsenal

“Tapi itu tidak cukup untuk memenangkan pertandingan sepakbola atau kompetisi. Di era saya kami memenangkannya dan kami punya kekuatan untuk tidak bermain bagus tapi tetap meraih kemenangan 1-0.”

“Saya bukan orang yang akan mengatakan ‘generasi kami lebih baik dari generasi sekarang’. Tidak penting untuk membandingkan dua generasi karena kami berada di periode berbeda.”

“Tim di era saya lebih mengedepankan kekuatan fisik tapi generasi saat ini merupakan para pesepakbola yang lebih baik, tak perlu diragukan lagi tentang hal itu. Jadi keseimbangan adalah hal yang perlu Arsenal temukan. Kami memiliki kekuatan dalam aspek fisik untuk menghadapi berbagai situasi yang berbeda,” ujar gelandang Arsenal periode 1996 hingga 2005 itu.