Neymar Ucapkan Salam Perpisahan Emosional Kepada Barcelona

Lapar dengan tantangan baru di Perancis melatarbelakangi keputusan Neymar meninggalkan Barca.


OLEH    DEWI AGRENIAWATI


Saga transfer Neymar yang menjadi headline belakangan ini resmi berakhir setelah striker Brasil tersebut resmi pindah ke Paris Saint-Germain dengan memecahkan rekor transfer dunia €222 juta.

Sebelumnya sempat terjadi tarik ulur terkair transfer mantan bintang Santos tersebut, dengan La Liga berniat menggagalkan kepindahan Neymar dan menolak mahar €222 juta yang dikeluarkan pengacara sang pemain. Namun pada akhirnya transfer Neymar terealisasi setelah agennya membayar langsung biaya klausul pelepasan kepada Barcelona dan raksasa La Liga itu langsung mengonfirmasi penerimaan biaya dan transfer pemain yang mereka angkut ke Camp Nou empat tahun silam tersebut.

SIMAK JUGA: Neymar Resmi Teken Kontrak Di PSG

Sesaat setelah resmi menandatangani kontrak, Neymar langsung memberikan salam perpisahan kepada Barcelona dan menjelaskan alasannya menerima ketertarikan PSG dalam sebuah pesan panjang yang ia unggah di akun Instagram.

La vida de un deportista se mueve por desafíos. Algunos son impuestos, otros son fruto de nuestras decisiones. El Barcelona ha sido más que un desafío. Jugaba con aquellos cracks en el video juego. Llegué a Catalunya a los 21 años, lleno de desafíos. Recuerdo mis primeros días en el Club, compartiendo el vestuario con ídolos como Messi, Valdés, Xavi, Iniesta, Puyol, Piqué, Busquets y otros con la expectativa de jugar en un Club que es “més que un club”. El @fcbarcelona es una nación que representa a Catalunya! Tuve el honor de actuar con el mayor atleta que he visto en mi vida y estoy seguro que no veré a otro mejor, @leomessi se convirtió en mi compañero, amigo dentro y fuera del terreno de juego. Orgulloso de jugar contigo. Formé un ataque con @leomessi y @luissuarez9 que ha quedado para la historia. He conquistado todo lo que un deportista puede conquistar. He vivido momentos inolvidables! Vivo en una ciudad que es más que una ciudad, es una patria. Amo Barcelona y Catalunya. Pero un deportista (YO) necesita desafíos. Y por segunda vez en mi vida le llevaré la contraria a mi papa. Papa, entiendo y respeto tu opinión, pero mi decisión está tomada, te pido que me apoyes como siempre lo has hecho. El @fcbarcelona y Catalunya estarán siempre en mi corazón pero necesito nuevos desafíos. He aceptado la propuesta del @psg para buscar nuevas conquistas y ayudar al Club a alcanzar los títulos que la afición espera. Me han presentado un plan de carrera osado y me veo preparado para este desafío. Agradezco el cariño de la afición blaugrana y todo lo que he aprendido con los deportistas con quien he compartido vestuario. Asimismo siento en mi corazón que ha llegado el momento de irme. El @psg será mi nueva casa durante los próximos años y trabajaré para hacer honor a la confianza que depositan en mi futbol. Cuento mucho con el apoyo de todos. Aficionados, de mis amigos, de los profesionales que me acompañan y de mi familia, que ha sufrido mucho con problemas que han ocurrido en este periodo de mi carrera y merecen paz. Es una decisión difícil, pero tomada con la madurez de mis 25 años. @fcbarcelona , gràcies per tot! @psg , J’arrive! Que Dios nos bendiga y nos proteja!

A post shared by Nj neymarjr (@neymarjr) on Aug 3, 2017 at 12:53pm PDT

“Saya masih ingat hari-hari pertama saya di klub ini, berbagi ruang ganti dengan para idola seperti Messi, Valdes, Xavi, Iniesta, Puyol, Pique, Busquets dan yang lainnya. Menanti giliran saya bermain di sebuah klub yang ‘mes que un club’ [lebih dari sekadar klub]. Barcelona adalah rakyat yang mewakili Catalan.

Dalam kesempatan yang sama, Neymar juga kembali menegaskan mantan rekan setimnya, Lionel Messi, sebagai pemain terbaik dunia.

“Saya memiliki kehormatan bermain dengan atlet terbaik yang pernah saya lihat dalam hidup saya dan saya yakin tidak akan pernah lagi melihat seseorang sepertinya selama saya hidup. Leo Messi. Teman saya di dalam dan luar lapangan. Sebuah kehormatan bermain dengan Anda. Saya membentuk trisula dengan Messi dan Suarez yang membuat sejarah. Meraih semua yang dapat diraih seorang atlet. Sungguh momen tak terlupakan! Tinggal di sebuah kota yang lebih dari sekadar kota, ini kampung halaman. Saya cinta Barcelona dan saya cinta Catalan. Tapi seorang atlet butuh tantangan.

Lionel Messi Neymar Luis Suarez MSN Las Palmas Barcelona LaLiga 14052017

Neymar juga mengaku keinginannya menyeberang ke Paris sebenarnya bertentangan dengan ayahnya, namun ia bersikeras memenuhi impiannya.

“Dan untuk kedua kali dalam hidup saya, saya berseberangan dengan ayah. Ayah, saya mengerti dan menghargai opini-mua, tapi keputusan saya telah dibuat dan saya memintamu mendukung saya seperti yang selalu Anda lakukan. Barcelona dan Catalan akan selalu ada di hati saya, tapi saya butuh tantangan baru.

“Saya menerima rencana PSG untuk berusaha meraih hal baru dan membantu klub ini memenangkan titel yang diinginkan para suporter mereka. Mereka menunjukkan kepada saya rencana yang berani dan saya merasa siap mengambil tantangan ini. Saya berterima kasih kepada suporter Blaugrana yang luar biasa dan semua yang saya pelajari dengan atlet-atlet hebat, yang berbagi ruang ganti dengan saya.

“Sekarang saya merasa inilah saatnya untuk pergi. PSG akan menjadi rumah saya untuk beberapa tahun ke depan dan saya akan bekerja keras untuk menghormati seluruh kepercayaan yang ditempatkan pada sepakbola saya. Saya menghitung dukungan dari semuanya sejak 2009. Fans, teman-teman, profesional yang bersama saya dan keluarga saya, yang banyak menderita dengan sejumlah masalah yang ada selama periode itu dalam karier saya. Hari ini, kalian pantas mendapai kedamaian.

“Ini sebuah keputusan sangat sulit, tapi saya membuatnya dengan kedewasaan selama 25 tahun. Barcelona, gracies per tot! Paris, J’arrive! Tuhan memberkati dan melindungi kita semua.”