Nathan Ake: Antonio Conte Keliru Tentang Saya

Bek Belanda ini tidak sependapat dengan Conte yang menyebut sejumlah pemain muda Chelsea “tidak mau bersabar”.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di Twitter


Kepergian Nathan Ake secara permanen ke Bournemouth di musim panas ini tentu menghadirkan pertanyaan terkait seberapa serius Chelsea dan manajer Antonio Conte mengembangkan pemain mudanya.

Ake, sebagaimana banyak youngster Chelsea lain, beberapa kali dipinjamkan ke klub lain, di antaranya menghabiskan paruh pertama musim 2016/17 bersama Bournemouth. Pada Januari lalu, bek sentral Belanda itu mendadak dipulangkan ke Chelsea.

SIMAK JUGA: Lepas Pemain Muda, Conte Berkilah

Namun karena kesulitan mendapatkan kesempatan bermain reguler — dengan hanya mencatatkan lima penampilan bersama The Blues di semua kompetisi musim lalu — Ake akhirnya memutuskan balik ke Bournemouth, kali ini dengan status permanen, lewat kesepakatan senilai £20 juta.

Langkah Ake ini diikuti oleh penggawa belia Chelsea lain yang memilih pindah permanen, seperti Dominic Solanke (Liverpool), Bertrand Traore (Olympique Lyon), dan Nathaniel Chalobah (Watford). Beberapa waktu lalu, Conte seperti menyindir para pemain muda tersebut dengan menyatakan bahwa mereka “tidak mau bersabar”.

Nathan Ake Chelsea

Namun, Ake punya opini sendiri terkait bagaimana ia harus mengembangkan kariernya. “Ketika menjadi pesepakbola, Anda hanya punya karier yang singkat. Saat ini saya sudah 22 tahun dan saya merasa harus terus bermain secara reguler,” kata Ake selepas Bournemouth takluk 1-0 dari Valencia di laga pramusim.

“Saya memahami apa yang dia [Conte] katakan, tetapi saya juga harus menyadari bahwa Chelsea adalah klub besar dan saya merasa kesulitan untuk mendapat kesempatan bermain di sana. Itulah mengapa saya berada di sini [Bournemouth].”

“Memang tidak ada jaminan saya akan bermain reguler di Bournemouth, tetapi saya akan bekerja keras dan bermain baik sehingga saya bisa mendapatkan kesempatan itu,” jelas bek internasional Belanda ini.