Laporan Pertandingan: Persija Jakarta 2–0 Persela Lamongan

Kekalahan dari Persija membuat Persela dipaksa melalui empat laga secara beruntun tanpa meraih angka.


OLEH   DONNY AFRONI


Persija Jakarta berhasil memperpanjang catatan tak terkalahkan menjadi empat laga setelah mengalahkan Persela Lamongan 2-0 di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (27/8) malam WIB, pada pekan ke-22 Liga 1 2017.

Kendati demikian, raihan tiga poin ini tidak memengaruhi posisi Persija di klasemen sementara. Persija tetap berada di peringkat keenam dengan nilai 36. Koleksi poin Persija sama dengan Madura United, namun kalah head-to-head. Sedangkan Persela yang menggenapkan kekalahan menjadi empat laga berturut-turut tetap di peringkat 15 dengan 24 angka.

Babak pertama

Persija yang tak ingin kehilangan muka di hadapan pendukungnya langsung memperagakan permainan agresif guna menekan pertahanan Persela. Di lain sisi, Persela meladeni permainan terbuka Persija.

Peluang diperoleh Persija lebih dulu ketika laga baru berjalan lima menit. Tendangan bebas Ismed Sofyan disambut tandukan Reinaldo Elias, tapi dapat dipatahkan kiper Ferdiansyah. Reinaldo kembali mendapatkan peluang di menit ke-17, sayangnya ia terlambat menyambut umpan Michael Orah.

SIMAK JUGA: PREVIEW: Persija – Persela

Persija mulai mendominasi permainan, dan nyaris membuka keunggulan di menit ke-21. Bruno Lopes memperdayai bek Ramon de Mesquita, dan melepaskan tendangan dari jarak dekat. Ferdiansyah tampil cemerlang untuk mementahkan peluang itu.

Namun Ferdiansyah harus memungut bola dari jalanya selang tiga menit kemudian. Orah yang menyisir sisi kiri Persija melepaskan umpan ke dalam kotak penalti yang disambut Ramdani Lestaluhu, dan pemain mungil ini menceploskan bola ke dalam gawang.

Persela berusaha bangkit untuk menyamakan kedudukan. Hanya saja, mereka mengalami kesulitan mengembangkan permainan, sehingga tak banyak mengancam gawang Persija. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua

Pertarungan sengit antara Persija dan Persela terus berlanjut di babak kedua. Persija tetap memperagakan permainan agresif, sementara Persela bermain lebih ngotot guna mengejar ketertinggalan mereka.

Peluang diperoleh Persija pada menit ke-50, tapi tandukan Bruno Lopes menyambut umpan Ismed dapat dipatahkan Ferdiansyah. Lopes kembali mendapatkan peluang selang enam menit kemudian, tapi sepakannya masih melebar di depan gawang.

SIMAK JUGA: Persija Abaikan Kelumpuhan Persela

Ferdiansyah harus bekerja keras untuk mencegah gawangnya kebobolan untuk kali kedua. Pada menit ke-66, kiper Persela ini mementahkan tendangan Lopes dari Jarak dekat.

Permainan Persela makin membaik selepas laga berjalan 70 menit. Namun permainan agresif mereka masih belum bisa menembus pertahanan Persija yang bermain solid, sehingga serangan Laskar Joko Tingkir dapat dipatahkan tanpa ada ancaman berarti.

Stadion Patriot bergemuruh pada menit ke-82. Berawal dari kemelut hasil sepak pojok Ismed, Rohit Chand melepaskan tendangan, dan bola membentur kaki Reinaldo, sehingga si kulit bundar bersarang ke dalam gawang. Skor 2-0 ini bertahan hingga peluit panjang ditiupkan wasit.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persija: Andritany Ardhiyasa; Michael Orah, Maman Abdurrahman (Gunawan 84′), William Pacheco, Ismed Sofyan, Sandi Darma Sute, Rohit Chand, Novri Setiawan (Rudi 58′), Ramdani Lestaluhu, Reinaldo Elias, Bruno Lopes (Ridwan 85′).
Cadangan: Muhammad Rizky Darmawan; Gunawan Dwi Cahyo, Sutanto Tan, Fitra Ridwan, Pandi Lestaluhu, Rudi Widodo, Bambang Pamungkas.

Pelatih: Stefano Cugurra

Persela: Ferdiansyah; Edy Gunawan, Ramon De Mesquita, Taufiq Kasrun, Zainal Haq, Eky Taufik, Juan Revi (Agung 57′), Eka Ramdani, Kosuke Uchida, Zainal Arifin (Bima 74′), Samsul Arif.
Cadangan: Choirul Huda; Ahmad Birrul Walidan, Aang Suparman, Rio Valentino, M Agung Pribadi, Sandi Septian, Bima Nizard Nandaka.

Pelatih: Heri Kiswanto

 

Footer Goal Indonesia Instagram