Laporan Pertandingan: Persela Lamongan 2-3 Mitra Kukar

Marclei Santos jadi pahlawan Mitra Kukar yang dengan gigih mampu berbalik unggul di markas Persela.

Mitra Kutai Kartanegara keluar sebagai pemenang pada laga lanjutan Liga 1 2017, di Stadion Surajaya, melawan tuan rumah Persela Lamongan, Senin (21/8) malam WIB.

Marclei Santos jadi aktor kemenangan tim racikan Sukardi Kardok lewat sepasang golnya. Persela sempat unggul lebih dulu, namun agresivitas Mitra yang efektif menjungkalkan pasukan Heri Kiswanto.

Babak Pertama

Menit-menit awal Persela langsung tancap gas dengan menekan pertahanan dari Mitra Kukar. Joice Sorongan yang mengawal gawang Mitra dipaksa melakukan penyelamatan untuk membendung tendangan bebas dari Edy Gunawan.

Sisi sayap dari Persela jadi andalan dalam menyerang. Penetrasi dari Edy lagi-lagi membahayakan dan terpaksa dihentikan Hendra Bayauw di dalam kotak penalti, wasit tak segan menunjuk titik 12 pas untuk tim tuan rumah.

Samsul Arif Munip dipercaya menjadi eksekutor, eks Persib Bandung dan Arema FC itu dengan dingin menaklukkan pengalaman dari Sorongan yang merupakan kiper veteran. Persela memimpin 1-0 pada menit ke-17.

Mitra Kukar tak tinggal diam, kesalahan kecil Aang Suparman coba dimanfaatkan Bayauw yang sayangnya tak berbuah gol. Mohamed Sissoko juga sempat menebar ancaman pada menit 35′, tapi tak sukses. Skor 1-0 bertahan hingga rehat.

Babak Kedua

Persela merasa belum aman dengan keunggulan satu gol, Ivan Carlos pun dimasukkan untuk menggantikan Jose Coelho. Baru dimulai, pemain asal Brasil itu langsung mendapat peluang emas namun ia tak bisa memaksimalkannya.

Alih-alih memperbesar keunggulan, Persela malah dibobol Mitra Kukar pada menit 59′ lewat Wiganda Pradika. Eks PS TNI itu menyambut umpan dari Hendra Adi Bayauw memaksimalkan skema tendangan penjuru. 1-1 untuk kedua tim.

Laskar Joko Tingkir langsung merespons gol dari Mitra Kukar, bek muda Birrul Walidain mencatatkan namanya di papan skor dengan sundulannya yang tak bisa diantisipasi oleh Joice Sorongan. Skor 2-1 untuk Persela pada menit ke-60.

Brace dari Marclei Santos akhirnya memenangkan Naga Mekes. Gol penyama hadir dari pemain asal Brasil itu pada menit 64′ memanfaatkan umpan Inkyun Oh. 20 menit kemudian, ia mencetak gol penentu lewat titik putih. 3-2 untuk Mitra.

Susunan Pemain

Persela: Choirul Huda; Birrul Walidain, Aang Suparman, Ramon Mesqueta, Samsul Arifin (88′ Sandi Septian); Agung Pribadi, Jose Coelho (46′ Ivan Carlos), Kosuke Uchida; Fahmi Al Ayyubi (65′ Zainal Arifin), Samsul Arif, Edy Gunawan.

Mitra Kukar: Joice Sorongan; Wiganda Pradika, Jorge Gotor, Saepuloh Maulana (87′ Saepuloh Maulana), Syaiful Ramadhan; Bayu Pradana, Mohamed Sissoko, Oh Inkyun; Hendra Bayauw (71′ Anindito Wahyu), Marclei Santos, Andre Agustiar (58′ Yogi Rahadian).