Laporan Pertandingan: Persela Lamongan 0–1 PSM Makassar

Kelengahan di menit akhir membuat Persela harus menelan kekalahan di hadapan pendukungnya.


OLEH   DONNY AFRONI


PSM Makassar berhasil meraih kemenangan tandang kedua setelah mengalahkan Persela Lamongan dengan skor tipis 1-0 di Stadion Surajaya, Sabtu (12/8) malam WIB, pada laga pekan ke-19 Liga 1 2017.

Kemenangan ini membuat PSM merangsek ke peringkat dua klasemen sementara dengan nilai 34. Mereka unggul head-to-head dari Persipura Jayapura, kendati mengumpulkan poin sama. Sedangkan Persela turun satu tangga ke posisi 14 dengan 24 angka.

Babak pertama

Persela yang tak ingin kehilangan muka di hadapan pendukungnya langsung melakukan tekanan ke pertahanan PSM. Di lain sisi, lini belakang tuan rumah juga waspada, karena PSM memperagakan permainan terbuka.

Mengandalkan kecepatan Samsul Arif dan Fahmi Al Ayyubi, Persela mencoba membongkar tembok belakang Juku Eja. Hanya saja, tidak mudah bagi mereka menembus pertahanan tim tamu.

SIMAK JUGA: PREVIEW Liga 1: Persela – PSM

Selepas laga berjalan setengah jam, peluang diperoleh PSM untuk membuka keunggulan. Wiljan Pluim melepaskan tendangan bebas tidak jauh dari kotak penalti, tapi bola melayang tipis di atas mistar.

Persela membalas peluang tersebut pada menit ke-39. Menerima umpan dari sisi kiri serangan, Fahmi menanduk bola yang memaksa kiper Rivki Mokodompit harus berjibaku menepis bola. Skor imbang tanpa gol pun menutup babak pertama.

Babak kedua

Duel sengit antara Persela dan PSM tetap terjadi di babak kedua. Mereka silih berganti melakukan tekanan ke pertahanan masing-masing lawan guna memecahkan kebuntuan sepanjang babak pertama.

Persela yang tak ingin kehilangan muka di hadapan pendukungnya menebarkan ancaman saat laga berjalan satu jam. Tapi sepakan Ivan Carlos dari luar kotak penalti tidak menemui sasaran.

SIMAK JUGA: Rene Alberts Berharap Purishkin Bisa Dimainkan

Sebaliknya, PSM nyaris membuka keunggulan memasuki menit ke-76. Menerima umpan panjang, Titus Bonai berlari menyambut bola, dan menyundulnya untuk mengelabui kiper Choirul Huda. Sayangnya, si kulit bundar melambung di atas mistar.

Suporter tuan rumah akhirnya terbungkam lima menit menjelang pertandingan berakhir. Menerima umpan pendek dari sepak pojok Titus Bonai, Marc Klok melempaskan umpan lambung yang disambar Willem Jan Pluim tanpa bisa dicegah Huda. Persela pun terpaksa menelan kekalahan di kandang sendiri.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persela: Choirul Huda; Taufiq Kasrun, Rio Pratama Valentino, Zainal Haq, M Agung Pribadi, Eky Taufik Febriyanto, Fahmi Al Ayyubi, Kosuke Uchida, Jose Coelho, Ivan Carlos (Edy 89;), Samsul Arif.
Cadangan: Ferdiansyah, Edy Gunawan, Aang Suparman, Juan Revi, Bobby Wirawan Syahputra, Sandi Septian, Zainal Arifin.

Pelatih: Heri Kiswanto

PSM: Rivki Mokodompit; Zulkifli Syukur, Reva Adi Utama, Hamka Hamzah, Steven Paulle, Marc Klok, Titus Bonai, Rizky Pellu, Willem Jan Pluim, M Rahmat (Zulham 30′), Ferdinand Sinaga (Ridwan 90+3′).
Cadangan: Syaiful; Ardan Aras, Hendra Wijaya, Syamsul Chaeruddin, Ridwan Tawainella, Ghozali Siregar, Zulham Zamrun.

Pelatih: Robert Rene Alberts

 

Footer Goal Indonesia Instagram