Laporan Pertandingan: Hajduk Split 1-1 Everton (Agregat 1-3)

Diwarnai gol debut spektakuler Sigurdsson dan aksi penyelamatan penalti Pickford, Everton melaju ke fase grup Liga Europa lewat skor agregat 3-1.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di Twitter


Dua rekrutan anyar Everton di musim panas ini, Gylfi Sigurdsson dan Jordan Pickford, mampu mencuri perhatian saat timnya memastikan diri lolos ke fase grup Liga Europa setelah bermain imbang 1-1 kontra tuan rumah Hajduk Split dalam leg kedua babak play-off, Jumat (25/8) dini hari WIB.

Bertandang ke Kroasia, Sigurdsson mencetak sebuah gol voli jarak jauh nan sensasional, sementara Pickford mampu menyelamatkan penalti. Kontribusi keduanya ini vital untuk membawa Everton mengamankan tiket lolos ke Liga Europa lewat kemenangan agregat 3-1. Sebelumnya, armada Ronald Koeman sudah menabung skor 2-0 di leg pertama yang digelar di Goodison Park pada pekan lalu.

SIMAK JUGA: Hasil Play-Off Liga Europa

Masih memasang Wayne Rooney sebagai starter — untuk keenam kali dalam enam partai pembuka musim — Everton tidak terlalu ngotot dalam memulai laga, mengingat mereka masih menyimpan tabungan dua gol. Adapun sejumlah peluang Hajduk, yang dimotori oleh Ante Erceg, relatif mampu diredam.

Hanya saja, Everton sedikit kehilangan konsentrasi jelang babak pertama berakhir. Sebuah celah di lini belakang mampu dimanfaatkan Josip Radosevic untuk mendentumkan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak bisa dibendung Jordan Pickford. Gol ini menghadirkan optimisme tinggi bagi Hajduk untuk menatap paruh kedua.

Hajduk Everton Europa league

Gylfi Sigurdsson Everton

Setelah di babak pertama tak banyak memberikan ancaman berarti, Everton tiba-tiba menjebol gawang Hajduk saat babak kedua baru berjalan 16 detik. Dalam sebuah situasi fifty-fifty di lapangan tengah, Sigurdsson secara tak terduga melepaskan sepakan voli spekulatif ke arah gawang. Tembakan rekrutan anyar Everton berharga £45 juta ini melesat dari jarak sekitar 45 meter dan berhasil merobek jala Dante Stipica!

Meski kebobolan gol tandang dan harus mencetak tiga gol tambahan agar bisa lolos, Hajduk tetap menunjukkan spirit tinggi. Sebuah tembakan jarak jauh Radosevic hampir berbuah hasil seperti di babak pertama. Hajduk bahkan mendapat penalti di menit ke-64 setelah Ashley Williams melanggar Erceg. Sayang, eksekusi Ahmed Said berhasil ditebak dengan brilian oleh Pickford.

Berikutnya, Everton hampir membuat gol lagi lewat peluang yang dimiliki oleh Calvert-Lewin dan Rooney, namun Stipica dengan tangkas mampu mencegah gawangnya tidak kebobolan lebih lanjut. Hingga akhir laga, skor 1-1 tidak berubah dan membuat keunggulan agregat Everton bertambah menjadi 3-1. Ini akan menjadi penampilan Everton di fase grup Liga Europa untuk pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir.

 

Susunan Pemain:

Hajduk Split: Stipica, Juranovic, Nizic, Lopez, Memolla, Gentsoglou, Radosevic, Barry (Kovacevic 85’), Vlasic (Kosulj 84’), Said (Tudor 74’), Erceg.

Everton: Pickford, Martina, Keane, Williams, Baines, Schneiderlin, Besic, Sigurdsson, Calvert-Lewin (Davies 72’), Lookman (Lennon 46’), Rooney.