Laporan Pertandingan: Genoa 2-4 Juventus

Hat-trick perdana Paulo Dybala di Serie A Italia membawa Juventus raih kemenangan sulit di Marassi.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR       Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Juventus berhasil meraih kemenangan sulit lewat skor ketat 4-2 di Marassi, markas Genoa, dalam lanjutan Serie A Italia giornata kedua, Minggu (27/8) dini hari WIB.

Sempat tertinggal 2-0 terlebih dahulu di tujuh menit awal laga, Juve berhasil bangkit lewat gelontoran empat gol yang tiga di antaranya ditorehkan oleh Si No. 10 Paulo Dybala.

SIMAK JUGA: PREVIEW Genoa – Juventus

Babak Pertama

Paruh pertama berjalan begitu seru, dengan kedua tim bermain terbuka. Secara luar biasa Genoa membuka keunggulan hanya 20 detik selepas kick-off. Berawal dari pergerakan brilian Goran Pandev di sisi kiri pertahanan Juve, umpannya terdefleksi Giorgio Chiellini hingga membuat Miralem Pjanic ciptakan gol bunuh diri.

Kejutan Genoa berlanjut tujuh menit berselang. Mereka mendapat hadiah penalti, setelah Video Assistant Referee (VAR) menunjukkan pelanggaran dilakukan Daniele Rugani terhadap Andrey Galabinov di kotak terlarang. Galabinov yang mengeksekusi sendiri penalti tersebut, lantas membawa Il Grifoni menjauh 2-0.

Meski begitu respons apik ditunjukkan Juve. Pada menit ke-14 sontekan Paulo Dybala memperkecil ketertinggalan jadi 2-1. Pemain Argentina itu memaksimalkan umpan cerdas Pjanic, yang lakukan pergerakan berani di sisi kanan pertahanan Genoa.

Jelang turun minum, Juve akhirnya sukses samakan kedudukan melalui titik putih. VAR kembali berperan, dalam mengungkap handball samar Darko Lazovic di kotak penalti Genoa. Dybala yang jadi eksekutor tak menyiakan peluang tersebut, untuk kembali masuk papan skor dan menutup babak pertama dengan skor imbang 2-2.

Dybala Genoa Juventus Serie A

SIMAK JUGA: Barca Sebut Juve Rival Sesungguhnya Di UCL

Babak Kedua

Genoa menguasai jalannya laga pada awal babak kedua. Mereka menekan Juve dari segala sisi dan mencegah lawan mengembangkan permainannya. Namun satu pergantian krusial lantas dilakukan pelatih LaVecchia Signora, Massimiliano Allegri.

Dia memasukkan Blaise Matuidi untuk gantikan Sami Khedira yang tampil buruk, di menit 51. Kehadiran gelandang internasional Prancis itu membuat Juve jadi mudah mematahkan dominasi Genoa. Dampak besar pun langsung terlihat pada menit 63.

Juve berbalik unggul 3-2 lewat gol cantik Juan Cuadrado. Sayap internasional Kolombia itu mengontrol bola hasil umpan Mario Mandzukic dengan gemulai, sebelum lepaskan tembakan yang membawa timnya unggul.

Kemenangan Juve pada akhirnya dipastikan melalui hat-trick perdana Dybala di Serie A, pada masa injury time. Tembakan terukurnya dari sisi kiri kotak penalti Genoa, gagal diantisipasi Mattia Perin. La Fidanza d’Italia pun menang lewat skor 4-2 dan pulang dengan bekal tiga poin.

Juventus celebrating Genoa Juventus Serie A 08262017

SIMAK JUGA: Costa Disebut Tentara Bayaran

Susunan Pemain

Genoa (3-4-3): Perin; Biraschi, Rossettini, Gentiletti; Lazovic, Bertolacci, Veloso, Laxalt; Pandev, Galabinov, Taarabt.

Juventus (4-2-3-1): Buffon; Lichtsteiner, Rugani, Chiellini, Alex Sandro; Pjanic; Khedira; Cuadrado, Dybala, Mandzukic; Higuain.