Laporan Pertandingan: Deportivo Alaves 0-2 Barcelona

Sempat gagal mengeksekusi penalti, Lionel Messi menebusnya dengan dua gol yang membawa Barcelona menang di markas Deportivo Alaves.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR       Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Barcelona sukses raih kemenangan penting di kandang Deportivo Alaves lewat skor meyakinkan 2-0, pada jornada kedua La Liga Spanyol, Minggu (27/8) dini hari WIB.

Bintang utama Barca, Lionel Messi, tampil sebagai pahlawan kemenangan. Sempat gagal eksekusi penalti pada babak pertama, La Pulga tentukan raihan tiga poin dengan lesatkan sepasang gol di paruh kedua.

Lionel Messi Alavés Barcelona LaLiga 26082017

SIMAK JUGA: PREVIEW Alaves – Barcelona

Babak Pertama

Satu pendekatan mengejutkan dilakukan Alaves di awal laga untuk meladeni Barca, yang di atas kertas unggul segalanya. Tim asuhan Luis Zubeldia itu berani keluar menyerang hingga membuat Gerard Pique cs lebih banyak bermain di daerahnya sendiri.

Kans emas kemudian didapat pada menit kedua. Tendangan bebas akurat Oscar Romero dari jarak 28 meter, secara heroik berhasil ditangkis Andre Ter Stegen. Di menit ke-12, Alaves bisa saja unggul andai Ruben Sobrino tak menyiakan peluang di depan gawang kosong hasil umpan ciamik Ibai Gomez.

Lepas seperempat jam pertandingan, Barca akhirnya bisa mendominasi permainan secara penuh. Peluang emas kemudian dihasilkan pada menit 26, melalui sepakan Andres Iniesta yang tipis melenceng dari gawang Alaves. Kiper tim tamu, Fernando Pacheco, kemudian berhasil memblok sepakan jarak dekat Gerard Deulofeu di menit 32.

Enam menit jelang jeda, Barca lantas mendapat hadiah penalti akibat pelanggaran terhadap Pique di kotak terlarang. Namun secara luar biasa Pacheco berhasil menangkis penalti yang dieksekusi Messi. Hasil imbang kacamata pun bertahan hingga interval.

Lionel Messi Barcelona

SIMAK JUGA: Barca Sebut Juve Rival Terbesar Di UCL

Babak Kedua

Tampil buruk dan gagal maksimalkan peluang emas dari titik putih di babak pertama, Barca kemudian bangkit pada paruh kedua. Alaves mereka bombardir habis melalui serangan dari berbagai sisi.

Baru enam menit babak kedua berjalan atau tepatnya di menit ke-61, Barca tak pelak sukses membuka keran gol-nya. Adalah Messi yang membayar kegagalannya mengeksekusi penalti, yang mencatatkan diri di papan skor.

Menerima umpan tarik Jordi Alba dari sisi kiri penyerangan Barca, pemain terbaik dunia lima kali itu sanggup lepas dari kepungan empat pemain lawan. Dia kemudian dentumkan tembakan kencang yang melesat manis ke jala El Glorious, dengan sedikit terdefleksi bek lawan, Alexis Delgado.

Messi kemudian pastikan kemenangan Barca lewat skor 2-0, melalui gol keduanya di menit 66 lagi-lagi memanfaatkan kesalahan Alexis Delgado. Messiah sejatinya berpotensi mengakhiri laga dengan torehan hat-trick andai tembakan chip-nya di menit 74 tak membentur mistar Alaves.

Lionel Messi, Barcelona vs. Alaves

SIMAK JUGA: Dembele, Bukti Keputusasaan Barca