Laporan Pertandingan: Bournemouth 1-2 Manchester City

Diwarnai gol telat (dan kartu merah) Raheem Sterling, The Citizens sukses memetik kemenangan comeback di markas Bournemouth.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di Twitter


Manchester City mampu mengatasi ketertinggalan gol di awal laga dan mencetak gol di akhir laga untuk mengatasi perlawanan tuan rumah Bournemouth dengan skor 2-1, Sabtu (26/8) malam WIB dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

Sepakan deras Charlie Daniels sempat membuat armada Pep Guardiola terkejut di awal laga, namun City berhasil mengejar lewat aksi Gabriel Jesus sebelum Raheem Sterling mencetak gol dramatis di masa injury time. Sterling bahkan langsung diusir wasit karena merayakan selebrasi secara berlebihan, namun raihan tiga poin The Citizens tetap terjaga.

SIMAK JUGA: Klasemen Liga Primer Inggris

Bournemouth secara tak terduga mampu membuka laga dengan sangat baik, membuat tim tamu tertekan di menit-menit awal. Puncaknya, mereka mampu menjebol gawang City di menit ke-13. Sebuah crossing Dan Gosling gagal dihalau dengan sempurna oleh Vincent Kompany dan jatuh ke area Charlie Daniels di ujung kotak penalti. Tanpa ampun, wing-back kiri Bournemouth ini mendentumkan tendangan keras ke pojok atas gawang tanpa bisa dibendung Ederson.  

Gol itu memacu City untuk bermain lebih baik. Bournemouth sempat kembali mengancam lewat sepakan voli Jermain Defoe, namun bisa ditepis Ederson. Pada akhirnya, City mampu menyamakan skor di menit ke-21 melalui Gabriel Jesus, yang di laga ini tampil sebagai ujung tombak menggeser Sergio Aguero. Jesus sukses menuntaskan umpan terobosan David Silva meski sambil dibayang-bayangi bek Bournemouth.

Tak lama berselang, Jesus kembali terlibat dalam sebuah momen penting ketika ia berhasil merebut bola dari Nathan Ake namun dijatuhkan oleh eks bek Chelsea itu. Wasit Mike Dean hanya memberikan kartu kuning untuk Ake, membuat para pemain City protes keras lantaran pelanggaran semacam ini layak dikartu merah. Bagaimana pun, hal itu tidak mengganggu fokus mereka untuk terus menyerang The Cherries. Sebuah tembakan Fernandinho yang ditepis Asmir Begovic menjadi aksi penutup di babak pertama.

Charlie Daniels Bournemouth Manchester City

2017-08-26 Jesus Manchester City

Di awal babak kedua, City tampak mendominasi namun serangan mereka tidak sengotot di paruh pertama. Bournemouth yang banyak bertahan tetap mampu menghadirkan ancaman. Di menit ke-61, Joshua King mampu memanfaatkan kesalahan lini belakang City dan melepaskan sepakan melengkung yang hanya mengenai mistar. Sepuluh menit setelahnya, giliran City yang gagal mencetak gol gara-gara tiang lewat tandukan Nicolas Otamendi menyambut sepak pojok.

Masuknya Aguero sedikit menambah daya gedor City. Ia hampir membuat dampak instan ketika dilanggar di kotak penalti oleh Adam Smith, namun wasit tidak menggubrisnya. Di menit ke-83, Silva seharusnya bisa membawa City unggul, namun sepakannya masih melebar. Selanjutnya, City terus menggedor pertahanan tuan rumah. Ketika memasuki injury time, laga berjalan makin intens sehingga memunculkan sejumlah kejadian menarik.  

Dimulai dengan adu mulut Guardiola dan Eddie Howe di pinggir lapangan, kemudian berpuncak di menit ke-97 saat Raheem Sterling mencetak gol kemenangan City setelah menuntaskan umpan satu-dua dengan Danilo. Drama tidak berhenti di situ karena Sterling mendapat kartu kuning kedua setelah merayakan golnya dengan memasuki tribun penonton tandang yang dipadati fans City. Setelah tertunda selama beberapa menit, wasit akhirnya menyudahi laga dramatis ini.

 

Susunan Pemain:

Bournemouth (5-3-2): Begovic; Adam Smith, Steve Cook, Ake, Mings, Daniels; Gosling, Surman, Arter; Defoe (Afobe 73’ (Mousset 94’)), King.

Manchester City (4-1-4-1): Ederson; Danilo, Kompany, Otamendi, Mendy; Fernandinho; Bernardo Silva (Aguero 62’), David Silva (Stones 98’), De Bruyne, Sterling; Jesus (Sane 82’).