Laporan Pertandingan: Borussia Dortmund 2-2 Bayern Munich (Adu Penalti 4-5)

Setelah sempat dua kali unggul di laga ini, Dortmund pada akhirnya harus kembali mengakui keunggulan Bayern yang menang lewat adu penalti.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI  


Bayern Munich berhasil meraih gelar juara DFL-Supercup atau Piala Super Jerman untuk kedua kalinya secara beruntun. Tim asuhan Carlo Ancelotti juga mengalahkan lawan yang sama seperti tahun lalu, Borussia Dortmund .

Jika tahun lalu Bayern berhasil menang 2-0, kini mereka harus menjalani pertandingan yang jauh lebih sengit untuk menjadi juara Piala Super. Klub juara Bundesliga Jerman musim lalu itu menang lewat adu penalti setelah bermain imbang 2-2 dalam 90 menit.

Dortmund yang kini dilatih Peter Bosz sempat dua kali unggul pada laga yang berlangsung di Signal-Iduna-Park, Minggu (6/8) dini hari WIB.

SIMAK JUGA – PREVIEW Piala Super Jerman 2017: Borussia Dortmund – Bayern Munich

Christian Pulisic Borussia Dortmund 05082017

Dortmund berhasil unggul saat laga baru memasuki menit ke-12. Christian Pulisic sukses membobol gawang lawan. Ia berhasil mencuri bola dari bek Bayern Javi Martinez yang tidak sempurna dalam mengontrol bola.

Pemain berusia 18 tahun itu kemudian menggiring bola hingga berhadapan satu lawan satu dengan kiper Bayern Sven Ulreich. Gelandang serang timnas Amerika Serikat itu pun melakukan penyelesaian akhir dengan tenang dan sempurna untuk membawa timnya unggul.

18 – With 18 years and 322 days @cpulisic_10 ( @BVB ) is the youngest goalscorer ever in the #Supercup . Youth. #BVBFCB

— OptaFranz (@OptaFranz) 5 August 2017

Gol tersebut membuat Pulisic tercatat sebagai pencetak gol termuda di ajang Piala Super Jerman.

Tapi Bayern hanya butuh waktu sekitar enam menit untuk menyamakan kedudukan. Joshua Kimmich melepaskan umpan silang dari sisi kanan yang kemudian dapat diselesaikan dengan mudah lewat sentuhan Robert Lewandowski di muka gawang Dortmund.

Robert Lewandwoski Bayern München 05082017

Kedua tim kemudian saling berbalas serangan. Pada menit ke-24 Dortmund mengancam lewat tendangan first time Gonzalo Castro di area kotak penalti, namun upayanya masih lemah dan bisa ditangkap dengan mudah oleh Ulreich.

Bayern membalas serangan tersebut pada menit ke-31. Aksi Franck Ribery sukses melewati beberapa bek Dortmund, pemain asal Prancis itu kemudian melepas umpan untuk Thomas Muller, namun tendangan first time penyerang timnas Jerman itu masih bisa diamankan Roman Burki.

SIMAK JUGA – Hans-Joachim Watzke: Laga Kontra Bayern Munich Berarti Penting

Empat menit berselang Munich kembali mengancam, Kimmich kembali melepaskan umpan silang dari sisi kanan, umpan itu kemudian disambut sundulan Muller namun bola masih membentur tiang gawang lawan.

Jelang akhir babak pertama Munich terus menekan. Para pemain baru mereka Corentin Tolisso dan Sebastian Rudy mendapatkan peluang untuk mencetak gol tapi belum bisa memaksimalkannya.

Di babak kedua Dortmund berhasil kembali unggul. Penyerang andalan mereka Pierre-Emerick Aubameyang kembali menunjukkan ketajamannya. Top scorer Bundesliga Jerman musim lalu itu menerima umpan terobosan dari Ousmane Dembele sebelum melakukan penyelesaian yang cerdik dengan cara mencungkil bola saat telah berhadapan satu lawan satu dengan Ulreich.

Pierre-Emerick Aubameyang Borussia Dortmund 05082017

Dortmund mencoba terus menguasai bola untuk mempertahankan keunggulan namun Bayern tak menyerah dan terus menekan.

Perjuangan Bayern membuahkan hasil dua menit jelang berakhirnya waktu normal. Berawal dari tendangan bebas Rudy di sisi kiri area luar kotak penalti Dortmund, bola disundul Niklas Sule namun masih mengenai tiang gawang, bola liar kemudian menciptakan kemelut di mulut gawang.

SIMAK JUGA: Ousmane Dembele Jadi Incaran Barcelona, Pelatih Borussia Dortmund Tidak Khawatir

Kimmich berhasil menendang bola namun masih bisa diblok, tapi upayanya yang kedua berhasil masuk ke gawang Dortmund setelah mengenai badan Lukasz Piszczek dan tangan Burki. Kiper berkebangsaan Swiss itu pun tercatat melakukan gol bunuh diri.

Hingga peluit panjang ditiup kedudukan tetap imbang 2-2. Laga kemudian langsung dilanjutkan ke babak adu penalti.

Sven Ulreich Bayern München 05082017

Dari pihak Bayern hanya Kimmich yang gagal menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti. Tendanganannya berhasil ditepis Burki. Sementara ada dua pemain Dortmund, Sebastian Rode dan Marc Bartra, yang gagal menjebol gawang Bayern dari titik putih. Ulreich sukses menghalau tendangan mereka.

Bayern kembali keluar sebagai juara. Ini merupakan gelar Piala Super keenam mereka, terbanyak dibanding klub lainnya.

6 – @FCBayern wins the #Supercup for the 6th time – more often than any other team. Triumph. #BVBFCB pic.twitter.com/qGY5aZ4fdL

— OptaFranz (@OptaFranz) 5 August 2017