Keunggulan Statistik Timnas Indonesia Atas Myanmar

Indonesia berhasil menaklukkan Myanmar untuk meraih medali perunggu SEA Games 2017. Simak statistik kedua tim di sini!


OLEH   MUHAMAD RAIS ADNAN


Tim nasional (timnas) Indonesia berhasil menyabet medali perunggu SEA Games 2017. Itu setelah, mereka membungkam Myanmar dengan skor 3-1, di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Selasa (29/8) petang.

Pada laga ini, Indonesia sebenarnya sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama lewat gol Than Paing pada menit ke-22. Namun di babak kedua, Indonesia berhasil bangkit, dan mampu membalikkan kedudukan melalui tiga gol yang dilesakkan Evan Dimas Darmono (56′), Septian David Maulana (59′), dan Rezaldi Hehanusa (76′).

Jika melihat statistik kedua tim, Indonesia memang terlihat lebih unggul atas Myanmar. Di antaranya dari segi tembakan ke gawang, mereka mampu melepaskan sepuluh tendangan tepat sasaran berbanding tujuh milik Myanmar.

SIMAK JUGA: Indonesia Sabet Medali Perunggu

Begitu juga dari segi blok operan, Indonesia unggul dengan tiga kali blok berbanding dua yang berhasil dilakukan Myanmar. Dari segi duel udara Hansamu Yama Pranata dan kawan-kawan mampu memenangkan tujuh kali, dibandingkan Myanmar yang hanya empat kali.

SIMAK JUGA: Evan Samai Rekor Bepe & Patrich Wanggai 

Hanya saja, Myanmar juga memiliki keunggulan dari segi penguasaan bola. Tim yang dilatih Gerd Zeise itu menguasai bola dengan persentase 51 persen sementara Indonesia hanya 49 persen.

Myanmar mampu melepaskan 393 total operan dengan tingkat akurasi 81 persen, sedangkan Indonesia 325 operan dengan akurasi 78 persen.

Ini untuk kedua kalinya sepanjang SEA Games 2017, tim Garuda Muda kalah dalam hal penguasaan bola. Sebelumnya, mereka juga kalah dari Vietnam soal penguasaan bola ketika fase grup B.

Berikut statistik laga timnas Indonesia kontra Myanmar:

GFX Statistik Indonesia vs Myanmar