Karier Duo Iran Terancam Gara-Gara Main Lawan Klub Israel

Ehsan Hajsafi dan Masoud Shojaei terancam didepak dari timnas Iran setelah dianggap melanggar aturan politik negara.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Keterlibatan dua pemain Iran, Ehsan Hajsafi dan Masoud Shojaei yang membela Panionios melawan klub asal Israel, Maccabi Tel Aviv dalam laga kualifikasi Liga Europa, Jumat (4/8) kemarin berbuntut masalah.

Beberapa saat selepas tampil bersama klub Yunani tersebut, kedua pemain langsung mendapat kecaman dari Federasi Sepakbola Iran (FFIRI) dan dianggap telah merusak tradisi politik negara yang bertentangan dengan Israel.

Sebenarnya, baik Hajsafi maupun Shojaei telah menyatakan keengganan mereka untuk terbang bersama klub ke Israel guna melakoni duel leg pertama, namun keterlibatan mereka secara 90 menit penuh di leg kedua tetap mengundang reaksi keras dari FFIRI.

Rekor Mentereng Warnai Perjalanan Iran Ke Piala Dunia 2018

“Meski ada banyak negosiasi dan tekanan klub Yunani pada kedua pemain, mereka tetap menolak untuk bermain dalam laga leg pertama yang diadakan di tanah Palestina yang dijajah [Israel],” buka FFIRI dalam pernyataan resmi mereka.

“Namun, FFIRI mengecam keterlibatan mereka dalam laga leg kedua dan segala aspek yang ada pada masalah tersebut kini sedang diselidiki.”

Kasus yang terjadi antara Iran dan Israel memang terkait soal konflik politik, dan kini Hajsafi dan Shojaei terancam untuk didepak dari tim nasional dengan dalih telah melanggar aturan politik negara.

“Tak diragukan lagi, para atlet Iran yang bangga selalu menunjukkan bahwa mereka tidak tertarik untuk bertanding melawan rezim Zionis [Israel], bahkan di Olimpiade mapupun Piala Dunia,” lanjut rilis FFIRI.

“Akibatnya, duo pemain tersebut bisa menghadapi kemungkinan mendapat sanksi larangan memperkuat timnas dan kasus ini akan ditangani langsung oleh pejabat Kementrian Olahraga yang akan ‘bertindak sesuai aturan negara’.”

Hajsafi, 27, yang biasa beroperasi sebagai bek kiri, sebenarnya merupakan andalan Iran sejak melakoni debut internasional pada 2008 lalu. Sementara Shojaei, 33, merupakan kapten Tim Melli dan merupakan salah satu andalan di lini tengah.