Kapan Undian Babak Grup Liga Champions & Semua Yang Perlu Diketahui

Goal memberitahu semua yang perlu Anda ketahui tentang undian, termasuk waktu, tempat dan klub yang berpartisipasi.


OLEH   TEGAR PARAMARTHA     Ikuti di twitter


Klub elit Eropa beradu pada September ketika babak grup Liga Champions kembali dan 32 tim memulai petualangan mereka menuju supremasi benua.

Real Madrid mencatat sejarah musim lalu dengan menjadi klub pertama yang meraih trofi Liga Champions secara beruntun dan skuat asuhan Zinedine Zidane mengincar hat-trick.

Bagaimanapun juga, Los Blancos tidak akan mendapat jalan mudah, dengan tim seperti Bayern Munich, Paris Saint-Germain dan Barcelona siap menantang, sementara Chelsea dan Manchester United kembali ke panggung setelah sempat hiatus.

Dengan musim baru yang sangat dinantikan pecinta sepakbola, Goal membawakan pada Anda semua yang perlu diketahui tentang undian babak grup Liga Champions.


KAPAN DAN DI MANA UNDIAN DIGELAR?


General view Grimaldi Forum Monaco 2011

AcaraTanggalTempat
Undian babak grup Liga ChampionsKamis, 24 AgustusGrimaldi Forum, Monaco

Undian babak grup Liga Champions 2017/18 akan dilaksanakan pada 18:00 CEST (23:00 WIB) pada Kamis, 24 Agustus. Tidak seperti undian babak sebelumnya, yang digelar di Nyon, Swiss, kali ini undian akan dilangsungkan di Grimaldi Forum, Monaco.

Selain menentukan peserta grup, acara itu juga akan diisi dengan penganugerahaan trofi individu, termasuk pemain terbaik (laki-laki dan perempuan) UEFA. Status kiper, bek, gelandang dan penyerang terbaik dari turnamen musim lalu juga akan diberikan.

UEFA Youth League

Tim akademi dari 32 klub peserta babak grup Liga Champions juga akan berpartisipasi di UEFA Youth League. Bagaimanapun juga, tidak seperti Liga Champions, Youth League berisi total 64 klub, dengan juara domestik dari 32 liga juga termasuk. Red Bull Salzburg menjadi juara pada musim 2016/17, mengalahkan Benfica di final.


KLUB APA YANG MASUK UNDIAN?


Pot 1Pot 2Pot 3Pot TBC
Real MadridBarcelonaBaselTottenham (2 atau 3)
Bayern MunichAtletico MadridAnderlechtFeyenoord (3 atau 4)
ChelseaParis Saint-GermainRomaRB Leipzig (4)
JuventusBorussia DortmundBesiktas 
BenficaManchester City  
MonacoPorto  
Spartak MoscowManchester United  
Shakhtar Donetsk   

Babak grup Liga Champions berisi 32 tim, dengan 22 klub lolos masuk otomatis sebelum 10 klub menyusul dari babak play-off. Klub dibagi dalam empat pot, masing-masing delapan tim, dengan setiap grup akan diisi dari setiap pot.  Juara bertahan dan juga juara Liga Europa, otomatis lolos ke babak grup.

Pot satu diisi juara bertahan dan juara liga dari tujuh asosiasi terbaik, beradasarkan koefisien UEFA. Dengan Real Madrid menjadi juara Liga Champions dan La Liga musim lalu, maka penggantinya adalah juara liga dari asosiasi terbaik kedelapan, yaitu Shakhtar Donetsk dari Ukraina.

Kemudian, pot dua, tiga dan empat , dihuni 24 klub sisanya dan pembagian pot tergantung pada koefisien klub UEFA.

Neymar PSG Toulouse Ligue 1 20082017

Kapan kick-off babak grup?

Pertandingan pertama babak grup Liga Champions 2016/17 digelar 13 dan 14 September, dan pertandingan pamungkas akan dijalankan pada 6 dan 7 Desember.

Semua pertandingan akan dilangsungkan pada pukul 20:45 CEST/CET (01:45 WIB) dengan pengecualian tertentu karena geografi.


KLUB APA YANG BERADA DI BABAK PLAY-OFF?


Liverpool celebrate vs Watford

Rute Liga:

KlubAgg.KlubLeg 1Leg 2
NapoliNice2-023 Agustus
HoffenheimLiverpool1-223 Agustus
SportingSteaua Bucuresti0-023 Agustus
Istanbul BasaksehirSevilla1-222 Agustus
Young BoysCSKA Moscow0-122 Agustus

Liverpool asuhan Jurgen Klopp termasuk dalam klub-klub yang berharap bisa menyegel tiket ke babak grup melalui ‘Rute Liga’ dan mereka harus melewati hadangan wakil Bundesliga Jerman, Hoffenheim, untuk melakukannya. 

Rute Juara:

KlubAgg.KlubLeg 1Leg 2
QarabagCopenhagen1-023 Agustus
APOELSlavia Prague2-023 Agustus
OlympiacosRijeka2-122 Agustus
CelticAstana5-022 Agustus
Hapoel Be’er ShevaMaribor2-122 Agustus

Dari sepuluh klub yang berada di rute juara, hanya Celtic – juara liga Skotlandia dan mantan pemenang Piala Eropa – menjadi satu-satunya yang tidak asing, sementara klub raksasa Yunani, Olympiakos, juga masuk ke dalam rute ini.